Apa yang ingin anda ketahui

Powered By Blogger

Minggu, 27 Desember 2009

Albert Einstein dan Cendekiawan

Albert Einstein dan Cendekiawan

Einstein pernah menolak tawaran untuk jadi presiden Israel pada tahun 1952

Elemen Einstenium, ditemukan 1952, dinamai demikian untuk menghormati Einstein

Foto Einstein yang menjulurkan lidah sangat populer. Foto itu diambil pada ulang tahun ke 72 oleh fotografer yang terus mengganggunya bernama Arthur Sasse. Einstein sangat menyukai foto itu lalu meng crop dan disebarkannya.
Albert Einstein tak pernah belajar mengendarai mobil
Ketika kecil, Albert Einstein dianggap sebagai seorang pemalu, bodoh, malas belajar, dan pelanggar tata tertib. Ia lulus SMP tanpa mendapatkan ijazah dan dua kali gagal mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.
Pemenang Penghargaan Nobel dalam Sastra, Elias Canetti, mengarang buku Die Blendung pada 1935 yang tokoh utamanya bernama Fischer. Fischer bercita-cita menjadi juara catur dunia dan membeli pakaian dari penjahit terbaik di dunia. Pada 1970, Bobby Fischer merebut gelar juara catur se-dunia.
Rolet diciptakan oleh filsuf dan matematikawan besar Perancis, Blaise Pascal. Rolet adalah produk sampingan dari eksperimennya tentang gerakan abadi.
Maria Montessori adalah mahasiswa kedokteran wanita Italia pertama. Ia masuk pada 1890 dan lulus berpredikat dengan pujian. Sedangkan dr Mudinem adalah wanita pertama Indonesia yang lulus menjadi dokter dan selama hidupnya hingga meninggal mengabdikan ilmunya di kota Solo.
Aristoteles percaya bahwa fungsi utama otak manusia adalah mendinginkan darah.

Prof. Dr. Hamka hanya memperoleh pendidikan formal hingga Sekolah Dasar dua tahun. Beliau lebih banyak belajar informal ke para ulama dan autodidak. Gelar doctor honoris causa diperolehnya dari Universitas Al-Azhar Mesir.
Max Born yang menghasilkan karya penting dalam mekanika kuantum dan penerima Hadiah Nobel Fisika pada 1954, adalah kakek dari penyanyi Olivia Newton-John.
Hippasus dari Metapontum dihukum mati oleh Pythagoras karena menemukan bilangan irasional

Hiltler
Adolf Hitler adalah seorang vegetarian dan mempunyai rumah kaca yang besar sebagai sumber buah-buahan dan sayuran segar selama Perang Dunia II.
Dalam buku rapor Hitler di kelas 3 SD, gurunya menulis bahwa Hitler mempunyai perangai yang buruk dan suka bermimpi sebagai seorang pemimpin.
Adolf Hitler ternyata mempunyai darah Yahudi di dalam tubuhnya. Nenek dari neneknya adalah seorang perempuan Yahudi yang bekerja sebagai seorang pembantu. Ayah dari Adolf Hitler adalah seorang Yahudi
Adolf Hitler sangat terpesona oleh tangan. Di perpustakaannya ada buku yang rupanya banyak dirujuknya, yang mengandung berbagai gambar dan foto tangan dari orang-orang terkenal sepanjang sejarah. Ia suka memperlihatkan tamu-tamunya betapa tangannya sangat mirip dengan tangan Friedrich Agung, salah seorang pahlawan yang dikaguminya.
Hitler mempunyai seorang saudara tiri yang bernama Alois Hitler. Alois mempunyai bar di Jerman yang sering dikunjungi para perwira penting Nazi. Ia tak pernah mengutarakan pandangannya tentang Adolf karena kuatir Adolf akan mencabut izinnya untuk menjual minuman keras!

Adolf Hitler terkenal sebagai salah satu orang yang menjauhkan diri dari alkohol, sementara musuhnya, Sir Winston Churchill adalah salah satu peminum kelas berat dunia.

Adolf Hitler menyimpan sebuah foto berbingkai dari Henry Ford di mejanya, sementara Ford juga menyimpan sebuah foto Hitler di mejanya di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat. Dalam bukunya Mein Kampf, Hitler menggunakan sejumlah pandangan Ford yang anti-Semit dan ia selalu menyambut sumbangan Ford terhadap gerakan Nazi.
Hitler terpilih oleh Majalah Time sebagai Tokoh Tahun Ini pada 1938.
Napoleon

Napoleon selalu membawa cokelat dalam setiap peperangannya, dan memakannya apabila ia membutuhkan energi dengan segera
Pada usia 26 tahun, Napoleon telah berhasil menaklukkan Italia.
Napoleon Napoleon Bonaparte selalu digambarkan dengan tangannya di dalam jaketnya. Ini disebabkan karena ia menderita gatal-gatal yang kronis karena sistem sarafnya, dan seringkali menggaruk perutnya hingga berdarah!

Napoleon mengumpulkan 14.000 dekrit Perancis dan menyederhanakannya menjadi 7 hukum yang tunggal
Napoleon Bonaparte sangat menggemari kuda yang berwarna putih, sehingga ia memiliki sekurang-kurangnya 50 ekor!
Setiap kali Napoleon Bonaparte mengenakan sapu tangan hitam di lehernya pada suatu pertempuran, ia selalu menang. Di Waterloo, ia mengenakan dasi putih, dan kalah!
AS
Pemimpin Vietnam, Ho Chi Minh, pernah bekerja sama dengan Office of Strategic Services milik Amerika Serikat yang kemudian dinamai CIA. Ho dan orang-orangnya pernah menyelamatkan penerbang-penerbang Amerika yang ditembak jatuh Jepang. Badan ini kemudian membantu Ho dalam mengusir tentara Jepang dari Vietnam.
Paus Gregorius IX, Ratu Elizabeth I, William Shakespeare, dan Dwight D. Eisenhower adalah orang-orang terkenal yang membenci kucing

Victoria Claflin Woodhull adalah perempuan pertama yang mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat pada tahun 1872

Charles Curtis adalah orang Indian pertama yang terpilih menjadi Senator Amerika Serikat. Pada Maret 1929 ia mengundurkan diri dari jabatannya untuk menjadi Wakil Presiden di bawah Presiden Herbert Hoover.

Grover Cleveland, presiden ke-22 dan ke-24 Amerika Serikat pernah menjadi sheriff di Kabupaten Erie, New York dan pada saat yang sama juga seorang algojo. Sebagai algojo, Cleveland pernah menggantung sendiri dua orang pembunuh hingga mati!

William Howard Taft adalah satu-satunya orang yang pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Agung dan Presiden Amerika Serikat

Rusia
Josef Stalin bukanlah pengisap pipa. Ia mengisap pipa hanya pada konferensi-konferensi dan bila tampil di muka umum, sementara sehari-hari ia seorang perokok berantai.
Tsar Nicholas II mempertimbangkan kemungkinan membangun pagar listrik di sekitar Rusia dan pembangunan jembatan untuk melintasi Selat Bering
Sebelum Revolusi Rusia kaum bangsawan khawatir akan pengaruh Rasputin terhadap keluarga Tsar Rusia dan karena itu memutuskan untuk menyingkirkannya. Menurut legenda, Rasputin diundang ke istana Pangeran Feliks Feliksovich Yusupov dan diberikan kue-kue serta anggur beracun, namun ketika ia tidak juga mati. Rasputin kemudian ditembak dan tubuhnya dibuang ke Sungai Neva. Di situlah Rasputin meninggal dunia karena tenggelam!
Ratu Yelizaveta Petrova dari Rusia adalah salah seorang di antara raja dan ratu Rusia yang dicintai rakyatnya karena ia tidak mengizinkan orang Jerman menjabat dalam pemerintahannya, dan tak seorang pun dihukum mati pada masa kekuasaannya
Maharani Yelizaveta Petrovna dari Rusia memerintahkan pembangunan Istana Musim Dingin yang tidak pernah sempat ia nikmati. Istana itu selesai pada 1762, namun sang maharani telah keburu meninggal dunia pada tahun yang sama itu.

Inggris
Nama asli keluarga kerajaan Britania Raya yang sekarang adalah Saxe-Coburg and Gotha Nama ini diganti pada tahun 1917, pada masa Perang Dunia I karena berbau Jerman. Salah seorang stafnya mengusulkan nama Windsor. Pada saat yang sama, keluarga Battenberg, sepupu keluarga Windsor mengganti nama mereka menjadi Mountbatten.
Raja George I dari Britania Raya tidak dapat berbahasa Inggris. Ia dilahirkan dan dibesarkan di Jerman dan tak pernah belajar bahasa Inggris, meskipun ia menjadi raja Britania Raya antara tahun 1714-1727.
Pada tahun 1900 Ratu Victoria dari Britania Raya mengirimkan ucapan "Selamat Tahun Baru kepada pasukan-pasukan Inggris yang ditempatkan di Afrika Selatan dalam Perang Boer dalam bentuk sepotong cokelat yang dicetak secara khusus
Pahlawan Britania, Laksamana Horatio Nelson meminta dikuburkan di Gereja St. Paul di London, dan bukan di Westminster Abbey, tempat para pahlawan nasional negara itu biasanya dimakamkan. Alasannya, ia mendengar bahwa gereja itu sedang tenggelam ke Sungai Thames.
Paus
Benediktus IX terpilih menjadi paus pada usia 11 tahun
Petrus Damianus, uskup Ostia, pernah menulis kepada Paus Alexander II pada 1061 dan mendesaknya agar melarang para rohaniwan bermain catur dan menghukum seorang uskup yang membuang-buang waktu dengan bermain catur di malam hari
Paus Yohanes Paulus II pernah bercita-cita menjadi seorang aktor. Beliau bahkan pernah menjadi pemain sandiwara dan juga menulis naskah drama, sebelum akhirnya ia menjadi seorang rohaniwan.

Paus Viktor I adalah paus (189-199) pertama yang berasal dari tanah Afrika
Nicholas Breakspear adalah satu-satunya orang Inggris yang pernah menjabat sebagai Paus Nama jabatannya adalah Paus Adrianus IV dan masa jabatannya berlangsung antara 1154-1159.
Eropa
Bila keluarga Grimaldi yang berkuasa di Monako tidak mempunyai keturunan laki-laki, maka Monako tidak akan menjadi negara yang berdaulat lagi
Raja yang paling lama berkuasa dalam sejarah adalah Pepi II, yang memerintah Mesir selama 90 tahun dari 2566 hingga 2476 SM. Yang kedua terlama adalah raja Louis XIV dari Perancis yang berkuasa selama 72 tahun, dari 1643 hingga 1715.
Raja Knud V dan Raja Valdemar I - keduanya dari Denmark, sedang bermain catur ketika mereka diserang. Knut terbunuh, namun Valdemar selamat karena ia menggunakan papan catur sebagai perisainya!
Nama Louis digunakan oleh banyak tokoh Perancis, termasuk 18 orang raja di negara itu

Raja-raja

Atahualpa adalah kaisar Inka terakhir di Peru. Ia dipenjarakan di Cajamarca, Peru oleh Francisco Pizarro dan para conquistador Spanyol pada tahun 1533. Sementara di tahanan, ia mengamati para penjaganya bermain catur dan tak berapa lama kemudian ia menguasai permainan itu dan menang atas semua penjaga di penjara itu!
Sebelum Hatshepsut, di Mesir tak dikenal adanya perempuan yang menjadi firaun. Hatshepsut dilukiskan mengenakan pakaian laki-laki, dengan janggut dan tanpa buah dada.

Julius Caesar menetapkan tanggal 1 Januari sebagai hari pertama di tahun yang baru
Setiap ratu atau permaisuri yang punya nama Jane, nasibnya biasanya sial, bisa dibunuh, dipenjarakan, menjadi gila, mati muda, atau digulingkan
Para firaun Mesir kuno mengenakan pakaian yang dibuat dari benang halus dari emas tempaan
Nero dan Henry VIII sama-sama penguasa yang relatif baik ketika baru naik takhta, namun tak lama kemudian menjadi tiran yang berlumuran darah. Keduanya membunuh seorang filsuf yang memberikan pengaruh baik. Nero memaksa Lucius Annaeus Seneca bunuh diri, dan Henry memerintahkan Thomas More dipenggal kepalanya.
Karl V, Kaisar Romawi Suci dibesarkan dengan bahasa Perancis dan Belanda, tapi tak lama kemudian juga belajar bahasa Spanyol, Jerman, dan Italia. Ia pernah berkata bahwa ia menggunakan bahasa Spanyol untuk berbicara dengan Tuhan, Italia dengan wanita, Perancis dengan pria, dan bahasa Jerman dengan kudanya!
Lain-lain
Geraldine Jerrie Fredritz Mock adalah perempuan pertama yang melakukan penerbangan sendirian mengelilingi dunia

Pada masa penjajahan Belanda, terdapat 2 orang aktivis Jawa di Suriname yang paling menonjol. Mereka adalah Salikin Mardi Hardjo dan Iding Soemita. Meskipun sama-sama memperjuangkan hak-hak suku Jawa di Suriname, mereka menempuh jalan politik yang berbeda. Bila Salikin Hardjo lebih memperjuangkan perbaikan kondisi kehidupan masyarakat Jawa di Suriname, Iding Soemita lebih memperjuangkan kembalinya suku Jawa ke Indonesia. Di kemudian hari, Salikin kembali lagi ke Indonesia, sementara Iding yang memperjuangkan kembalinya suku Jawa, menetap di Suriname hingga akhir hayatnya.
Christopher Columbus membawa sherry dalam pelayarannya ke benua Amerika Sementara itu, ketika Fernão de Magalhães mempersiapkan diri untuk pelayarannya mengelilingi dunia pada 1519, ia menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli sherry daripada senjata!
Bill Gates memulai karier bisnisnya pada 1969 ketika ia baru berusia 14 tahun dengan membentuk perusahaan bernama Lakeside Programming Group
Bisnis pertama Bill Gates adalah Traff-O-Data, perusahaan yang membuat mesin yang merekam jumlah mobil yang lewat pada jalan tertentu.

Conel Hugh O'Donel Alexander, juara catur Britania Raya pada 1938 dan 1956 pernah menjadi anggota tim pemecah kode rahasia Jerman untuk pemerintah Britania selama Perang Dunia II

Thomas Alva Edison memegang lebih dari 1.300 hak paten Amerika Serikat dan negara-negara lain.

Sebagai CEO dan ketua Harpo Entertainment Group, Oprah Winfrey adalah perempuan kulit hitam pertama, dan perempuan ketiga setelah Mary Pickford dan Lucille Ball, yang memiliki studio televisi dan produksi filmnya sendiri Harpo Productions, fasilitasnya yang bernilai $20 juta, dan luas 9290 meter persegi, telah berkembang pesat dari hanya 5 pegawai pada 1985, menjadi 135 sekarang. Pada 1994, penjualan Winfrey mencapai $115 juta.
Pangeran Al-Walid dari Arab Saudi membeli sebuah pesawat Airbus terbesar secara tunai Bahkan Pangeran Al-Walid berencana untuk membuat MTV versi Arab!
Reinhold Messner mendaki puncak gunung Everest tanpa bantuan tabung oksigen

R.A. Kartini bukanlah pemberi nama buku Habis Gelap Terbitlah Terang. Adalah J.H. Abendanon yang saat itu Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda yang membukukan surat-surat Kartini pada tahun 1911, dan menamainya Door Duisternis tot Licht.

Lillian Moller Gilbreth adalah seorang perintis ergonomik Gilbreth banyak mematenkan temuannya, termasuk alat pencampur makanan dari listrik dan tempat sampah dengan penutup yang dapat dibuka dengan injakan kaki.

Orang pertama yang diketahui meninggal karena radiasi adalah Marie Curie. Ia dan suaminya Pierre Curie adalah penemu radium.

Syarat untuk pramugari pertama pada tahun 1930 ialah: berat tubuhnya tidak boleh lebih dari 52,16 kg, perawat, dan tidak menikah

George Custer, seorang lulusan dari Akademi Militer Amerika Serikat di West Point, adalah perwira tentara Amerika Serikat termuda yang mencapai pangkat jenderal. Ia memperoleh pangkat ini pada usia 23 tahun, 14 tahun sebelum pertempuran Little Big Horn.

Charles Lindbergh hanya membawa empat potong sandwich dalam penerbangannya yang terkenal melintasi Samudra Atlantik
Margaret Higgins Sanger, seorang perintis keluarga berencana, mempunyai 10 orang saudara kandung, sementara ibunya pernah hamil 18 kali
Emerson Moser, pembuat krayon dari Crayola LLC, mengungkapkan pada saat pensiunnya bahwa ia buta warna biru-hijau dan karena itu ia tidak dapat mengenali seluruh warna krayon yang diproduksi perusahaannya. Moser mencetak lebih dari 1,4 milyar krayon selama kariernya yang berlangsung 37 tahun
Menurut majalah Forbes, sekitar 60% dari 793 orang miliader di dunia tahun 2009 membangun kekayaannya dari nol.
Pencipta lagu kebangsaan Singapura Majulah Singapura, yaitu Zubir Said adalah seorang Minangkabau .
Dalam keluarga Johann Sebastian Bach ada sekurang-kurangnya 52 orang musikus
Komponis Rusia terkenal, Aleksandr Borodin, adalah juga seorang profesor kimia yang dihormati di St. Petersburg
Leonardo da Vinci dapat menggambar dengan sebelah tangan dan menulis dengan tangannya yang lain, pada waktu yang bersamaan
Beethoven adalah seorang pecinta kopi, dan selalu menghitung 60 butir biji kopi sebelum ia mempersiapkan kopinya
Karier Pablo Picasso berlangsung hingga 78 tahun, dari 1895 hingga kematiannya pada 1973.
Nama lengkap pengarang buku seri detektif Agatha Christie adalah Agatha May Clarissa Miller Christie Mallowan
Pesulap termasyhur Harry Houdini berniat untuk berkomunikasi dengan istrinya setelah ia meninggal dunia
Ketika pada 1962 saat pertama kali kelompok The Beatles mengajukan diri untuk membuat rekaman, Decca Records menolaknya dengan alasan: 'Kami tidak suka dengan musik mereka, dan musik gitar sebentar lagi akan punah.'
Mozart gemar bermain bilyar, dan kadang-kadang bermain sepanjang malam, sambil membuat komposisi simfoninya
Tom Arnold, Sandra Bullock, Chevy Chase, Bill Cosby, Kris Kristofferson, dan Bruce Willis semuanya pernah menjadi pelayan bar
Tarzan, Texas adalah nama sebuah tempat di Texas nama ini diberikan untuk menghormati Tarzan, tokoh fiktif dalam cerita yang sama. Sementara itu, Tarzana, Los Angeles, California adalah nama tempat di mana Edgar Rice Burroughs, sang pencipta tokoh Tarzan itu tinggal ketika ia menulis kisah petualangan tokoh rekaannya.

Robert Redford, Steve McQueen, dan Paul Newman menolak tawaran kontrak sebesar AS$4 juta untuk peranan utama dalam film Superman Sementara itu, Christopher Reeve hanya dibayar AS$250.000 untuk peran tersebut!

Peter Ostrum, aktor cilik berusia 13 tahun yang berperan dalam film Willy Wonka & the Chocolate Factory, meninggalkan industri film setelah produksi filmnya yang pertama dan terakhir itu Ostrum kemudian menjadi dokter hewan di New York.

Dalam kariernya sebagai seorang aktor, hingga tahun 2000 Anthony Hopkins telah memerankan dua orang presiden AS, yaitu John Quincy Adams dalam "Amistad", dan Richard M. Nixon dalam "Nixon"

Voltaire menganggap karya-karya Shakespeare sangat menyedihkan sehingga ia pernah menyebut dramawan besar itu sebagai 'si bodoh pemabuk'

Beethoven bukanlah satu-satunya komponis yang menciptakan lagu dalam keadaan tuli Bedrich Smetana (1824-1884) menciptakan kuartet geseknya yang pertama juga setelah ia menjadi tuli!

Salvador Dali pelukis surealis Spanyol Salvador Dali menyuruh istrinya menjadi model untuk wajah Kristus dalam lukisannya Sakramen Perjamuan Malam Terakhir
Pelawak dan aktor legendaris Bob Hope menjadi pembawa acara sebanyak 16 kali baik sendirian maupun bersama orang lain dalam penganugerahan Academy Award Ia juga memegang rekor 27 kali ikut serta dalam acara serupa.
Anak perempuan Shakespeare buta huruf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar