Apa yang ingin anda ketahui

Powered By Blogger

Minggu, 20 Desember 2009

Binatang dan Ciri-ciri Khususnya

Binatang

Ayam
- Ayam bisa terbang meski paling lama hanya 15 detik
- Bangasa unggas yang punya penis hanya angsa
- Unggas balap adalah kalkun liar. Dia bisa terbang hingga 90 km per jam
- Hanya merak jantan yang bisa memamerkan bulu-bulu indahnya, itupun bisa dicapai kesempurnaannya ketika berusia tiga tahun dan sudah berani kawin. Kembangan kipas bulu-bulu dengan belo-belonya untuk menarik merak betina
- Itik bertelur hanya di pagi hari
- Setiap jenis ayam punya keistimewaan sendiri.

Alpaka
- alpaka dicukur hanya dua tahun sekali, dan setiap kali hanya menghasilkan sekitar 3 kg wol? Karena wol alpaka sangat disukai, sementara hasil cukurannya sedikit sekali, harganya pun sangat mahal.

Anjing
- Sebenarnya anjing adalah hewan yang buta warna
- Anjing tinju boxer adalah anjing yangmenggunakan kaki depannya untuk memukul bila sedang berkelahi
- Anjing greyhound dibudidayakan di Mesir sekitar 5000 tahun yang lalu. Sebelum abad ke-9 Masehi anjing ini sudah dikenal di Inggris dan dibudidayakan oleh kaum bangsawan untuk berburu binatang-binatang kecil seperti kelinci.
- Anjing dachshund punya kebiasaan berguling-guling di sekitar benda-benda yang berbau dengan harapan akan kehilangan bau tubuhnya, sehingga calon mangsanya tidak dapat membauinya.
- Greyhound adalah anjing yang punya daya lihat terbaik
- Dua ekor anjing selamat dari kapal Titanic yang tenggelam, karena sekoci awal-awal masih kosong karena yakin Titanic tidak akan tenggelam. Ternyata...
- Anjing prairie komunikasi di lingkungan komunitas anjing prairie, yang sama sekali bukan anjing, melainkan tergolong keluarga tikus, sangat penting untuk pertahanan mereka? Seekor di antara mereka ditugasi sebagai penjaga, dan bila ia melihat pemangsa datang, ia akan mengeluarkan seruan peringatan, yang akan segera membuat teman-temannya menyelamatkan bayi-bayi mereka, lalu bergegas berlindung di liang-liang mereka.

Babi
- Babi dapat menikmati orgasme selama 30 menit.
- Secara fisik, setiap babi tidak bisa melihat ke langit
- Jumlah puting susu Babi sebanyak 12 buah

Badak
- Badak adalah binatang terkuat di dunia. Ia dapat mengangkat beban 850x berat badannya .

Berang-berang
- Berang-berang bisa menahan nafas di dalam air selama 45 menit.

Beruang
- Semua beruang kutub kidal
- Beruang air dapat bertahan dalam kondisi paling ekstrim dan tidur selama bertahun-tahun tanpa makanan
- Di Alaska orang dilarang membangunkan beruang yang sedang tidur untuk mengambil fotonya, sementara menembak beruang adalah legal
- Hati beruang kutub mengandung konsentrasi vitamin A yang sangat tinggi hingga beracun bila dimakan
- Perbedaan cara memakan mangsa antara beruang dan macan terletak pada kapan memangsanya. Macan cenderung memakan ketika mangsanya telah mati. Sedangkan beruang akan merobek isi perutnya ketika mangsanya masih hidup dan meronta-ronta.

Binatang berkantung
- Emu dan Kanguru tidak dapat berjalan mundur
- Rusa kutub makan lumut. Ternya lumut mengandung zat yang membuat tubuh mereka tidak membeku
- Oposum virginia adalah satu-satunya binatang berkantung asli dari Amerika Utara. Dalam sekali melahirkan bisa sampai 22 ekor, tapi maksimal hanya 13 yang hidup. Bayinya disampan dalam kantong induknya selama 60 hari pertama.
- Ekor bagi Kangguru berguna untuk kemudi dan penyeimbang ketika loncat-loncat
- Koala dan manusia sama-sama punya sidik jari yang unik berbeda. Sidik jari koala tidak dapat dibedakan dari sidik jari manusia
- Platipus adalah satu-satunya hewan menyusui yang bertelur dan hanya hidup di Australia seperti Kangguru.

Buaya
- Buaya tidak bisa menjulurkankan lidahnya
- Buaya mampu bergerak dengan cepat sekali ketika di darat? Bila seseorang dikejar buaya, ia harus berlari berkelok-kelok, karena buaya sulit sekali melakukan perubahan arah dengan tiba-tiba.
- Buaya yang baru menetas dari telur, besar tubuhnya tiga kali ukuran telurnya
- Buaya memberi makan berupa batu pada bayinya.
- Sepanjang hidupnya, alligator dapat memiliki 2000 hingga 3000 buah gigi
- Jika buaya membuka mulutnya, itulah saat teraman, karena ia sedang bertahan selagi beristirahat setelah makan atau berjemur. Tetapi bila buaya terlihat seperti tidur dengan mulut tertutup, artinya ia sedang mengintai sesuatu.
- Buaya meneteskan air mata untuk mengeluarkan kelebihan garam dari tubuhnya. Setelah buaya memakan mangsanya, ia akan meneteskan air mata untuk mengeluarkan kelebihan garam dari tubuhnya.

Burung
- 90% dari semua spesies makhluk hidup yang telah lenyap adalah burung
- Maksimum kedalaman air untuk tempat mandi burung, menurut National Audubon Society, adalah sekitar 6 cm. Kurang dari itu akan menyulitkan burung untuk mandi, lebih dari itu membuat mereka takut.
- Tinja burung adalah ekspor utama Nauru
- Kebanyakan burung harus makan sekurang-kurangnya setengah berat badan mereka setiap hari
- Kecuali jenis-jenis tertentu, burung pada umumnya tidak bernyanyi bila mereka berada di tanah. Mereka bernyanyi ketika terbang atau berdiri di sebuah benda di atas tanah.
- Kelelawar selalu terbang ke kiri setelah keluar dari dalam gua.
- Seekor kelelawar bisa memakan 3000 serangga dlm 1 malam
- Sayap kelelawar, telinga gajah dan kelinci, kaki flamingo, tanduk kambing, serta kulit manusia mempunyai fungsi yang sama, yaitu melepaskan panas untuk mendinginkan tubuh
- Kantor pusat nasional untuk Suaka Dunia Kelelawar terdapat di Mineral Wells, Texas? Di sini lebih dari 150 kelelawar dari seluruh dunia mendapatkan tempat berlindung.
- Suaka Dunia Kelelawar dihuni oleh kelelawar yang tak dapat dilepaskan ke alam bebas kembali, termasuk yang pernah digunakan untuk penelitian, kehilangan induknya, cacat tetap, disita dari penjual binatang yang tidak sah, atau terlalu tua untuk diletakkan di kebun binatang.
- Kelelawar coklat kecil dapat menangkap 1.200 serangga sebesar nyamuk dalam waktu satu jam saja
- Mata burung unta lebih besar daripada otaknya.
- Burung pelatuk dapat mematuk 20x per detik. Mereka tidak akan pusing, karena otaknya dilindungi bantalan udara
- Burung terkecil di dunia adalah humming bird, karena beratnya hanya 1 ons.
- Burung Gagak bakal menjaga ortunya kalau sudah besar
- Warna merah jambu pada burung flamingo bukanlah warna alamiahnya. Warna itu diperoleh karena makanannya, yaitu alga hijau yang kecil yang berubah menjadi merah jambu setelah proses pencernaan.
- Burung Hantu adalah hewan yang tidak bisa memainkan bola matanya, hingga untuk melihat sekeliling harus menggerakkan kepala dan lehernya.
- Tulang Merpati lebih ringan daripada bulunya.
- Burung hantu adalah satu-satunya burung yang menurunkan kelopak mata bagian atasnya untuk berkedip? Burung-burung lainnya mengangkat kelopak mata bagian bawahnya.
- Burung hantu adalah satu satunya burung yang bisa melihat warna biru
- Burung hantu besar bertanduk dapat memutar kepalanya 270 derajat
- Burung elang dapat menyerang, membunuh, dan membawa mangsanya hingga sebesar rusa muda. Makanan Elang Harpy dari Amerika Selatan adalah kera.
- Albatros dapat tidur sambil terbang.
- Albatros meminum air laut. Burung ini mempunyai alat khusus di dalam tubuhnya yang dapat memisahkan garam dan kemudian mengeluarkannya dari tubuhnya
- Hoatzin, burung berwarna hijau zaitun dari Amerika Selatan, mempunyai dua cakar pada masing-masing sayapnya pada waktu masih kecil. Bila diganggu, bayi burung ini akan menjatuhkan diri ke air, lalu dengan sayap bercakarnya ia akan memanjat kembali ke sarangnya.
- Pinguin adalah satu-satunya burung yang dapat berjalan tegak

Cacing
- Cacing pita adalah hewan yang makan dirinya sendiri jika kelaparan.

Capung dan Kupu-kupu
- Usia capung hanya 24 jam.
- Serangga paling cepat di dunia adalah capung Australia? Capung ini dapat mencapai kecepatan terbang 57 km/jam.
- Capung dapat terbang dengan kecepatan 40 km/jam
- Capung mengepakkan sayapnya 20-40 kali per detik, lebah dan lalat 200 kali, dan beberapa jenis nyamuk 600 kali Di Jepang, capung dijadikan lambang nasib baik, keberanian, dan kejantanan? Para samurai Jepang seringkali menggunakan lambang capung dalam pertempurannya.
- Indera perasa kupu-kupu ada di kaki
- Kupu-kupu merasakan makanan dengan kakinya.
- Kata "butterfly" berasal dari kata "flutterby".
- Kupu-kupu melakukan penyerbukan dengan cara yang sama seperti lebah. Mereka berpindah dari pohon ke pohon sambil membawa serbuk bunga di kakinya untuk menghasilkan penyerbukan silang.
- Kupu-kupu tak dapat terbang apabila temperatur tubuhnya kurang dari 30° C.

Gajah
- Hewan yang paling ditakuti di darat adalah Badak dan Gajah Afrika.
- Gurun Namib adalah gurun pasir tertua di dunia, dan satu-satunya gurun yang dihuni oleh gajah, badak, jerapah, dan singa
- Gajah punya 40.000 otot dan urat di belalainya, menjadikannya sangat kuat dan lentur, sehingga gajah dapat memetik bunga yang lembut atau mengangkat balok kayu yang besar.
- Di Florida, AS, bila gajah ditambatkan di meteran parkir harus bayar parkir
- Gading gajah terus bertumbuh sepanjang hidupnya, beratnya dapat mencapai lebih dari 100 kg. Hanya gajah jantan Asia yang memiliki gading, sedang gajah betina Afrika juga punya gading.
- Gajah dapat makanr 250 kg rumput dan 225 liter air dalam sehari. Tak heran jika kotorannya sekwintal, sedangka pekerjaan utama Gajah adalah makan.
- Gajah adalah satu-satunya hewan yang tidak bisa melompat
- Gajah dapat mencium aroma air sejauh 3 mil (1 km lebih).
- 12.000 tahun yang lalu di Alaska terdapat gajah, singa, dan unta
- Gajah punya ingatan yang kuat, bisa mengingat wajah orang baik atau jahat terhadapnya selama puluhan tahun.
Ikan
- Untuk mencegah pemborosan, kelebihan makan dan pencemaran air, ikan di akuarium harus diberi makan dua kali sehari dengan jumlah makanan yang dapat dihabisi dalam waktu lima menit.
- Panjang tubuh seekor bayi Paus Biru ketika baru dilahirkan adalah 7,62 meter
- Paus Biru, mamalia terbesar, beratnya 50 ton ketika baru dilahirkan? Setelah dewasa, beratnya dapat mencapai 150 ton.
- Lidah Paus Biru panjangnya sama dengan panjang seekor Gajah
- Jantung ikan Paus Biru hanya berdenyut 6x semenit.
- Hembusan Paus menghasilkan bau yang sangat kuat, berbau seperti campuran ikan busuk dan minyak basi. Karena itu, para pelaut dulu percaya bahwa hembusan paus dapat menyebabkan kerusakan otak pada manusia.
- Ikan Paus dan lumba-lumba memiliki kode yg digunakan untuk saling berkomunikasi. Kode agen rahasia negara manapun masih kalah dengan Paus dan lumba-lumba
- Spesies paling hebat adalah Paus Biru yang punya badan, tetapi makanannya hanya udang krill (udang kecil-kecil)
- Ikan Paus Biru punya suaranya paling keras dibanding binatang lainnya, dan lidahnya cukup lebar sehingga dapat untuk berdiri 50 orang.
- Ikan Paus Kelabu bermigrasi sekitar 20.000 km setiap tahunnya? Ini adalah migrasi terjauh yang dilakukan oleh seekor mamalia.
- Setiap harinya, bayi Paus Kelabu minum susu yang setara dengan 2.000 botol
- Hiu tidak dapat terkena penyakit kanker.
- Hiu adalah satu-satunya ikan yang dapat berkedip dengan kedua belah matanya
- Ikan Mas Koki akan memudar warnanya bila diletakkan dalam tempat yang suram cahayanya atau di air yang mengalir? Ia akan tetap berwarna keemasan bila diletakkan di sebuah akuarium dengan cahaya yang cukup.
- Ikan Mas Koki kepala singa dikembangkan di Tiongkok untuk menyerupai binatang mitologi anjing singa di negara itu
- Kedua sisi otak lumba-lumba bekerja secara terpisah? Selama 8 jam, kedua sisi otak itu sadar. Kemudian sisi yang kiri akan tidur selama 8 jam. Setelah sisi itu terbangun, sisi yang kanan akan tidur selama 8 jam. Dengan demikian lumba-lumba bisa tidur selama 8 jam tanpa harus berhenti secara fisik.
- Belut listrik yang besarnya antara 1,5 - 2 meter mampu menghasilkan listrik hingga 600 volt yang cukup besar untuk mengejutkan seekor kuda
- Muskellunge, ikan resmi negara bagian Wisconsin, Amerika Serikat, adalah ikan petarung yang gigih dan beratnya dapat mencapai sekitar 32 kg
- Rata-rata ikan kod menghasilkan sekitar 4 hingga 6 juta telur setiap kali bertelur
- Udang mempunyai lebih dari seratus pasang kromosom pada setiap inti selnya. Manusia hanya mempunyai 23 pasang.
- Ada ribuan jenis udang di dunia, namun kebanyakan sangat kecil ukurannya sehingga mereka menjadi makanan ikan paus. Di antara ribuan jenis udang itu hanya beberapa ratus jenis saja yang dimakan manusia.
- Ikan Guppy memperoleh namanya dari seorang naturalis, R.J.L. Guppy dari Trinidad yang menemukan dan memperkenalkan spesimen ini kepada British Museum.
- Sering dikonsumsi sebagai obat tradisional Cina, pada 1988 pemerintah Australia menyatakan kuda laut sebagai binatang yang dilindungi.
- Kuda laut digunakan di banyak suku bangsa sebagai obat? Setiap tahun sekitar 20 ton kuda laut
- Kuda Laut betina meletakkan telur-telurnya di kantung jantannya? Telur-telur itu kemudian dibuahi, mengalami proses inkubasi, dan akhirnya bayi-bayi Kuda Laut dilahirkan oleh sang ayah.
- Kuda Laut tidak mempunyai gigi dan karena itu bila ia dipelihara di akuarium, ukuran makanannya harus disesuaikan dengan moncongnya agar dapat mudah ditelan
- Australia mempunyai sekurang-kurangnya 14 spesies kuda laut sementara Jepang mempunyai sekurang-kurangnya 7 spesies
- Seekor lobster membutuhkan waktu 7 tahun untuk bertumbuh hingga 0,46 kg
- Lumba-lumba melompat dari dalam air untuk menghemat energi. Bergerak di udara memang lebih mudah daripada bergerak di dalam air.
- Lumba-lumba dapat mengingat suatu nada tertentu lebih baik daripada manusia
- Lumba-lumba dapat mendengar suara yang jauhnya sampai 24 km
- Pupil mata gurita berbentuk kotak
- Tanpa tulang belakang seekor oktopus dapat melalui lubang yang lebarnya sekitar 5 cm
- Lebih dari 95% Ubur-ubur terdiri dari air. Ubur-ubur tidak mempunyai otak, jantung, tulang ataupun mata.
- Belut muda semuanya berkelamin betina. Dalam perkembangan selanjutnya beberapa ekor akan berubah kelamin menjadi jantan akibat pengaruh lingkungan.
- di Kutub Utara tidak ada pinguin. Ke-17 jenis pinguin yang ada di dunia hanya dapat ditemukan di bawah garis Khatulistiwa, terutama di Antarktika.
- Ada sekitar 50 spesies Ular Laut, dan kesemuanya berbisa. Ular Laut banyak sekali ditemukan di daerah pantai dari Teluk Persia hingga Jepang dan sekitar Australia dan Melanesia. Bisa mereka sepuluh kali lebih dahsyat daripada bisa ular kobra, sehingga orang yang digigitnya biasanya mati dalam waktu 2½ jam
- Anglerfish betina enam kali lebih besar daripada jantannya? Karena tak dapat makan sendiri, begitu dilahirkan si jantan segera mencari sang betina lalu bertengger di atas kepalanya seumur hidupnya. Sistem pencernaan dan sirkulasinya lalu menjadi satu.
- Kepiting kelapa atau Ketam Kenari banyak ditemukan di daerah Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Mereka hidup dengan memakan buah kelapa yang dipecahkan dengan capitnya. Kepiting ini sangat besar - hingga lebih dari 1 meter dari ujung kepala hingga ekor - dan dapat memanjat pohon kelapa, tapi mereka hanya memakan buah kelapa yang telah jatuh ke tanah.
- Otak udang sangatlah kecil dan terletak di bagian kepalanya
- Bintang laut tidak mempunyai otak .
- Ikan emas dapat mengingat hanya sekitar 2-3 detik saja
- Skalop dianggap kerang yang paling aman untuk dimakan mentah. Racun, bakteri, dan virus cenderung terakumulasi dalam proses penyaringan air laut oleh kerang-kerangan, namun pada skalop bagian penyaring ini biasanya dibuang.
- National Museum of Natural History di Washington, D.C. menyimpan koleksi kerang terbesar di dunia? Di museum ini terdapat 15 juta spesimen kerang. Sebuah museum yang lebih kecil di Sanibel Florida hanya memiliki 2 juta kerang saja dan diklaim sebagai satu-satunya museum yang hanya mengoleksi moluska.
-
Jerapah
- Mamalia yang tertinggi adalah jerapah
- Saking panjangnya lidah seekor jerapah 40 cm (21 inci), sehingga mereka dapat membersihkan telinganya dengan lidahnya..
- Jerapah jantan mencari makanan dari pohon-pohon yang lebih tinggi dibandingkan dengan betinanya sehingga mengurangi persaingan dengan betinanya
- Bayi jerapah tingginya 1,82 meter pada saat ia dilahirkan
- Tekanan darah jerapah adalah dua atau tiga kali dari tekanan darah seorang manusia yang sehat

Landak dan Tupai
- Jantung Landak berdenyut 300x dalam semenit.
- Meskipun Armadillo biasanya kawin sekitar bulan Juli, embrionya biasanya tidur hingga November? Baru pada bulan Maret empat bayinya dilahirkan. Keempat bayinya ini terbentuk dari satu telur, dan biasanya berjenis kelamin sama, bahkan berkembang dalam plasenta yang sama pula.
- Armadillo, sloth, dan opossum (semuanya sejenis tupai) menghabiskan 80% waktu hidupnya untuk tidur. Musang juga mirip, karena tidur 20 jam sehari.
- Hyena lebih didominasi kaum betinanya. Bahkan klitoris mereka berukuran sangat menonjol, dan dapat berereksi. Sialnya lagi, hal ini ditujukan untuk menakut-nakuti hyena jantan!

Kadal
- Kadal (yang suka memangsa serangga memakai lidahnya) memiliki lidah sepanjang tubuhnya. Kedua matanya dapat melihat dua objek yang berbeda dan sama-sama fokusnya.
- Iguana dapat bertahan di dalam air selama 28 menit

Kelinci
- Marmot tanah hidup sebagian besar di bawah tanah? Mereka menggali lubang tempat tinggalnya dengan beberapa pintu masuk. Masing-masing liang terhubungkan dengan lorong utama dan sarang tempat mereka tidur selama musim dingin.
- Seekor induk Kelinci, bila ketakutan atau terancam, dapat meninggalkan, mengabaikan, atau bahkan memakan anak-anaknya

Kucing
- Membunuh kucing bakal dihukum mengitung bulunya di akherat. Seekor kucing betina bisa melahirkan 2736 anak kucing dalam empat tahun
- Ikan bukanlah makanan alami kucing. Nenek moyang kucing berasal dari daerah gurun dan di sana ikan sulit didapat, karena itu makanan kucing adalah tikus, burung, dan serangga. Pada Perang Dunia II, daging menjadi mahal dan sulit didapat. Karena itu para pembuat makanan kucing menggantinya dengan ikan sebagai sumber protein yang murah.
- Di Skandinavia orang percaya bahwa kucing dapat memberikan kesuburan? Sementara orang Hindu menggunakan kucing untuk menandakan lahirnya seorang anak.
- Pada tahun 962 ratusan kucing yang malang dibakar hidup-hidup di Metz, Perancis. Kucing pernah dihubungkan dengan perdukunan dan ilmu hitam? Dalam satu tahun pernah 962.000 ekor kucing dibakar hidup-hidup, karena mereka dianggap sebagai 'tukang sihir yang sedang menyamar. Namun setelah Perang Salib kucing menjadi populer kembali, ketika banyak tikus turun dari kapal-kapal para tentara Salib, yang kembali ke negara mereka di Eropa, dan kucing memakan tikus tadi.
- Kucing mempunyai 32 otot pada masing-masing telinganya
- Setelah makan, kucing selalu menjilati dirinya sendiri karena nalurinya mengatakan harus menghilangkan bau makanan dari dirinya, agar pemangsa tidak mencium bau makanan itu, dan mencari masngsa untuk dimakannya.
- Kucing mempunyai daya pendengaran yang luar biasa? Telinga kucing mempunyai 30 otot yang mengendalikan bagian luar telinganya, sedangkan manusia hanya mempunyai 6 otot. Otot-otot ini dapat berputar 180 derajat, hingga ia dapat mendengar dari segala arah, tanpa harus menggerakkan kepalanya.
- Kucing adalah lambang kemerdekaan di zaman Romawi kuno
- Kehadiran orang baru, anjing atau kucing baru di sebuah rumah dapat menyebabkan seekor kucing stres
- Napoleon Bonaparte menderita ailurofobia, yaitu rasa takut terhadap kucing
- Di Romawi kuno, kucing adalah lambang kemerdekaan? Sementara itu di Mesir kucing dianggap suci. Diodorus Siculus, sejarawan Yunani dari abad pertama, mengatakan bahwa siapapun yang membunuh kucing akan dihukum mati, meskipun hal itu terjadi karena kecelakaan semata.
- Nautilus kuno dianggap sebagai hewan tak bertulang belakang yang paling cerdas. Para pakar menduga kecerdasannya setingkat dengan kecerdasan kucing muda.
- Kucing hitam dianggap kucing penjelman Fira’un atau setan, sehingga banyak orang yang takut pada kucing hitam
- Musuh utama kucing adalah tikus

Kuda
- Di seluruh dunia terdapat lebih dari 150 jenis kuda. Dengan hampir 11 juta ekor kuda. China memiliki jumlah kuda yang paling banyak!
- Seperempat Kuda di Amerika Serikat mati karena wabah penyakit yang meluas pada 1872.
- Jika ada patung orang naik kuda dan dua kaki depan kuda itu naik di udara, itu tandanya orang itu mati dalam perang? Jika kaki kudanya hanya satu yang diangkat berarti orang itu cuma terluka dalam perang. Dan jika semua kaki kudanya menjejak tanah, berarti orang itu meninggal karena sakit.
- Sepatu kuda untuk kuda Clydesdale yang dewasa ukurannya lebih dari 55,9 cm dari ujung ke ujung dan beratnya sekitar 2,27 kg? Ini berarti lebih dari dua kali panjang dan empat kali berat sepatu kuda biasa.
- Bentuk kuda tertua yang masih bertahan hingga sekarang adalah kuda Przewalski, atau kuda liar Mongolia? Kuda ini ditemukan oleh Nikolai Przhevalsky di Gurun Gobi pada 1881, seorang jenderal Rusia yang mengadakan ekspedisi ke Mongolia.
- Seekor kuda pacu rata-rata kehilangan berat badannya antara 6,8 kg sampai 11,4 kg selama pacuan
- Kuda bernafas melalui hidungnya. Ia tidak tahan terhadap bau minyak tanah. Agar tidak digigit kuda, lumuri tangan dengan minyak tanah.
- Cara membedakan Zebra yang sama warna dan bentuknya adalah dengan mengingat belangnya.
- Pola belang pada Zebra unik, tidak ada dua zebra yang memiliki pola belang yang sama, sama uniknya dengan sidik jari pada manusia.

Lintah
- Gigitan lintah tidak menimbulkan rasa sakit karena mengandung zat anestesis
- Lintah pertama kali digunakan dalam pengobatan sekitar 2.500 tahun yang lalu.
- Air liur lintah mengandung zat yang pencegah pengentalan darah manusia.

Marmur / Kelinci
- Ketika tidur selama musim dingin, seekor Marmut tanah bernapas hanya sepuluh kali dalam satu jam, sementara ketika aktif, napasnya 2100 kali dalam satu jam

Monyet
- Gorilla tidak pernah minum, dia mendapat air dari tumbuhan yang dimakan.
- Orang Utan punya ikatan yang kuat antara induk dengan bayinya. Bayi Orang Utan hampir selalu digendong induknya hingga mencapai usia 1½ tahun.
- Orang Utan dapat tertawa terbahak karena punya rasa empati dan mimik wajah.
- Simpanse dapat mengenal dirinya di sebuah cermin, sementara monyet tidak bisa.
- Orang utan punya selera menyukai manusia sehingga orang utan sehingga ada manusia yang diperkosa orang utan.


Nyamuk dan Lalat
- Nyamuk jantan bertugas menggigit musuh. Nyamuk betina bertugas menggigit manusia untuk mengeluarkan telurnya.
-
Peneliti Jepang-Rusia membawa seekor nyamuk Afrika untuk tinggal di stasiun luar angkasa selama 18 bulan. Pada saat dibawa pulang ke bumi, nyamuk itu masih hidup. Penelitian hasil kerjasama antara Russian Academy of Sciences dengan Institusi Agro-Biologi Jepang menyimpulkan, nyamuk Afrika tergolong nyamuk yang paling kuat di dunia.
- Hanya nyamuk betina yang menggigit dan menghisap darah sementara nyamuk jantan hanya menghisap sari bunga.
- Nyamuk adalah serangga yang sangat tangguh. Nyamuk dapat ditemukan di hutan-hutan tropis dan di daerah yang paling dingin seperti bagian utara Kanada dan Siberia, di Kutub Utara bahkan di luar angkasa
- Usia rata-rata seekor nyamuk adalah dua minggu
- Andaikan semua keturunannya hidup, sepasang lalat dapat menghasilkan 190.000.000.000.000.000.000 lalat dalam waktu empat bulan saja
- Kecepatan rata-rata lalat rumah adalah 7,25 km/jam? Lalat rumah mengepakkan sayapnya sekitar 20.000 kali setiap menitnya
- Lalat dapat mengepakkan sayapnya sekitar 500 kali per detik

Panda
- Panda raksasa sangat besar, tetapi bayinya sangat kecil, sehingga orang sulit mengetahui seekor Panda sedang hamil

Sapi
- Di Amerika, ada lebih banyak sapi dibanding manusia.
- Sapi mulanya didatangkan orang-orang Spanyol ke Amerika untuk dipekerjakan, namun orang-orang Indian menemukan bahwa dagingnya ternyata enak. Mereka malah menjadi gembala-gembala sapi yang pertama, yang menggiringnya menyeberangi Sungai Mississippi ke padang-padang rumput.
- Sapi dapat menghasilkan lebih banyak susu bila mereka mendengarkan musik
- Sapi dapat berjalan menaiki tangga, tapi tidak menuruninya.
- Seekor Sapi rata-rata menghasilkan 40 gelas susu setiap harinya
- Sapi betina memproduksi susu sebanak 40 ribu liter selama hidupnya
- warna kuning india mulanya dihasilkan di Munger, Bihar, India dari air kencing sapi yang hanya diberi makan daun mangga dan air? Air kencing yang dikeringkan itu menghasilkan bola-bola kuning yang sangat bau. Proses ini dilarang pada 1908 karena sapi-sapi itu sangat kekurangan gizi.

Semut
- Seekor semut dapat mengangkat barang yang berbobot 50x berat badannya dan menarik barang yang beratnya 30x berat badannya.
- Semut bulldog hitam dari Australia adalah semut paling berbahaya di dunia, karena dapat menyengat dan menggigit pada saat bersamaan dan keduanya mengandung racun mematikan (dan sudah ada korban manusia).
- Semut mampu mengangkat 50x berat badannya.
- Semut selalu jatuh ke kanan setiap kali disemprot cairan anti hama
- Semut adalah binatang yang indra penciumannya paling dasyat

Serangga
- Sampai saat ini sudah lebih dari 2 juta jenis binatang umum yang terdaftar di dunia, dan separuh lebih adalah jenis serangga
- Jumlah serangga di dunia ini ada sebanyak 200juta kali jumlah manusia.
- Kebanyakan obat pengusir serangga yang digunakan manusia, cara kerjanya dengan prinsip menyembunyikan bau manusia yang mungkin menarik bagi serangga, atau menciptakan bau-bauan yang tidak mereka sukai
- Seekor ulat sutra dapat memintal benang sutra hampir 2 kilometer panjangnya
- Bunglon dapat menggerakkan matanya ke dua arah yang berbeda pada saat yang bersamaan
- Di Ukraina, bila orang menemukan sarang laba-laba di dalam rumah pada pagi Natal, hal itu diyakini sebagai tanda keberuntungan. Karena itu bangsa Ukraina sering meletakkan laba-laba buatan bersama sarangnya di pohon Natal mereka.
- Seekor kutu mampu melompat sejauh 350 kali panjang badannya. Kira- kira sama dengan seorang manusia melompat sejauh lapangan sepak bola
- Belalang hanya mampu melompat pada temperatur minimum 16,7°C
- Bila diserang, teripang akan mengeluarkan benang-benang berperekat dari mulutnya yang akan menjebak lawannya.
- Kecoa mempunyai daya tahan yang luar biasa. Bila kepalanya disingkirkan dari tubuhnya dengan hati-hati sehingga tidak berdarah, kecoa dapat bertahan selama beberapa minggu, minimal 9 hari dan mati hanya karena kelaparan.
- Kecoa juga merupakan binatang yang tahan terhadap radiasi, sehingga kalau ada perang nuklir, kecoalah yang paling banyak selamat.
- Jika kalajengking ditetesi minuman keras, dia akan marah dan menyengat dirinya sendiri sampai mati.

Singa
- Auman S dewasa dapat terdengar hingga 8 kilometer. Suara yang keras ini dimaksudkan untuk memperingatkan lawan atau mengumpulkan kembali kawanannya.
- Cheetah (citah) adalah hewan darat yang dapat berlari dengan kecepatan paling tinggi. Ia dapat berlari dengan kecepatan 95 km/jam.
- Lebih dari 90% perburuan di kalangan singa dilakukan oleh sang betina. Sementara si jantan enggan mengambil risiko untuk nyawanya, atau lebih suka beristirahat.
- Anggota keluarga Felidae yang paling besar tubuhnya adalah singa jantan Beratnya dapat mencapai 225 kilogram.
- Seekor singa bisa berhubungan kelamin 50 kali dalam sehari.
- Yang bergaris-garis pada tubuh harimau bukan cuma bulunya, tetapi juga kulitnya.
- Kuda Zebra dan Harimau sama-sama berbulu belang. Tetapi yang kulitnya juga belang adalah Harimau.

Siput dan Kodok
- Meski Siput kecil, namun jumlah giginya 25 ribu biji.
- Siput menghasilkan cairan lengket tak berwarna yang berfungsi sebagai lapisan pelindung untuk mereka merayap? Cairan ini begitu efektifnya, sehingga siput dapat merayap di ujung silet tanpa terpotong!"
- Seekor siput dapat tidur tiga tahun lamanya.
- Pada abad ke-17, orang Perancis menyadari lezatnya kodok dan siput dan karena itu dimasukkan ke dalam menu makanan mewah
- Katak tidak pernah minum, karena menyerap air dari sekitarnya melalui proses osmosis lewat membran di permukaan kulitnya.
- Jenis-jenis katak tertentu dapat dibekukan hingga keras, kemudian dibiarkan kembali ke suhu ruangan dan tetap hidup

Tawon
- Untuk menghasilkan madu sebanyak satu sendok makan, lebah harus mengumpulkan sari bunga dari 2000 kuntum bunga
- Lebah harus mengumpulkan sari bunga dari sekitar dua juta kuntum bunga untuk menghasilkan madu sebanyak setengah kilogram
- Seekor Lebah Ratu dapat menghasilkan 3000 butir telur dalam sehari
- Pemerah bibir atau lipstik sudah digunakan oleh Cleopatra, namun saat itu lipstik terbuat dari kumbang merah yang dilumatkan
- Lebih banyak orang mati karena sengatan lebah dibanding karena gigitan ular

Tikus
- Tikus dapat bertahan lebih lama tanpa air dibandingkan dengan unta
- Tikus dapat jatuh dari lantai 5 sebuah gedung tanpa terluka
- Tikus pohon bersarang di atas pohon, dan seumur hidupnya mungkin tidak pernah menjejakkan kakinya di tanah
- Dari dua ekor tikus dapat dihasilkan 15.000 keturunan dalam waktu kurang dari satu tahun
- Dalam 18 bulan, 2 ekor tikus bisa punya lebih dari sejuta anak tikus

Ular
- Ular tak bisa mendengar, jadi ular adalah binatang budheg
- Sebelum berganti kulit, mata ular biasanya tampak suram, dan kulitnya pun sangat kusam. Biasanya ular juga menjadi tidak aktif menjelang saat-saat ini, dan tidak mau makan.
- Di Inggris ada larangan untuk memberi makan ular peliharaan dengan mamalia yang masih hidup. Tikus yang masih hidup dapat membahayakan bahkan membunuh si ular. Karena itu biasanya makanan yang diberikan berupa tikus beku yang telah dihangatkan kembali dengan meletakkannya dulu di sebuah panci yang berisi air hangat.
- Ular membutuhkan waktu 50 jam untuk mencerna seekor katak
- King Cobra adalah ular berbisa terbesar yang panjangnya dapat mencapai lebih dari 5,5 meter. Gigitan ular ini dapat membunuh seekor gajah dalam waktu 4 jam.
- Cairan pencernaan seekor ular dapat menghancurkan tulang dan gigi, tetapi rambut atau bulu binatang tidak dapat dihancurkannya
- Ular pada umumnya bernapas hanya dengan menggunakan satu paru-paru. Paru-paru kiri biasanya sangat kecil karena tidak berkembang, atau sama sekali tidak ada.
- Perut ular terletak pada seperlima bagian depan dari tubuhnya
- Untuk membuat dirinya kebal terhadap gigitan ular berbisa, Raja Mithridates VI dari Pontus setiap hari konon menelan bisa ular dalam dosis kecil
- Selain Gajah, binatang yang bisa menyembur adalah ular. Ular menyemburkan bisa ke musuh sampai 2,5 m.

Unta
- Pungguk atau bonggol Unta berguna untuk menyimpan lemak makanan untuk tenaganya, bukan tempat menyimpan air.
- Susu Unta mengandung sekitar 5,5% lemak susu, 7,5% susu dan 87% air.
- Unta dapat membawa beban antara 227 kg-454 kg? Mereka dapat berjalan dengan kecepatan 3-5 km per jam, selama 6-7 jam per harinya.
- Unta dapat kehilangan hingga 30 % berat tubuhnya karena keluarnya keringat, dan tetap berjalan melintasi padang pasir. Manusia akan mati setelah 12 persen dari berat tubuhnya hilang dalam bentuk keringat.
- Unta akan menolak membawa beban yang tidak diletakkan secara seimbang.
- Unta Baktrian adalah satu-satunya mamalia darat yang dapat minum air bergaram
- Di negara bagian Arizona, Amerika Serikat, ada peraturan yang melarang berburu unta.

Lain-lain
- Binatang yang punya gigi di perutnya adalah Ketam.
- Hidung Laba-laba terletak di kakinya
- Masa kehamilan oposum Amerika paling singkat, antara 12-13 hari saja
- Sel-el yang membentuk tanduk rusa besar adalah yang paling cepat pertumbuhannya di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar