Apa yang ingin anda ketahui

Powered By Blogger

Minggu, 27 Desember 2009

Pengetahuan Segala Sesuatu 4

Tanggal 15 Oktober adalah "Hari Hak Asasi Binatang Sedunia"?
Antarktika adalah satu-satunya benua yang tak memiliki reptil ataupun ular
25 tahun lalu, seekor tuna bersirip biru Atlantik yang besar (113,4 kg hingga lebih dari 453,6 kg), harganya sekitar satu sen per 453,6 gr sebagai makanan kucing? Itupun belum tentu laku! Kini ikan yang sama harganya $50 per 453,6 gr (artinya, $50.000 untuk seekor ikan yang besar!), terutama karena popularitas sushi dan sashimi di seluruh dunia.
Diperkirakan jutaan pohon di dunia ditanam secara kebetulan oleh tupai yang menguburkan biji-biji pohon dan kemudian lupa menggalinya kembali
Perhimpunan Pencinta Mawar Busuk adalah nama organisasi pecinta bawang putih di Berkeley, California? Anggotanya mengadakan festival bawang putih tahunan dan menerbitkan surat edaran yang diberi nama Garlic Times.

Kaisar Caligula dari Romawi kuno, mengangkat kuda kesayangannya, Incitatus sebagai konsul Roma

Seorang bankir Chicago, Rockwell Sayre, diduga adalah pembenci kucing nomor satu di dunia? Ia mulai mengadakan kampanye pembasmian kucing di seluruh dunia pada 1925 dengan tawaran hadiah uang.
Rockwell Sayre dari Chicago mengklaim berhasil memusnahkan 7 juta kucing dalam tiga bulan pertama kampanyenya untuk membasmi kucing. Pada 1925 ia memperpanjang kampanyenya 10 tahun lagi, karena masih banyak kucing yang masih hidup. Tak lama kemudian ia sendiri meninggal dunia.

Kucing pernah dihubungkan dengan perdukunan dan ilmu hitam. Karena itu di kota Metz, Perancis, dalam satu tahun pernah 962.000 ekor kucing dibakar hidup-hidup, karena mereka dianggap sebagai 'tukang sihir yang sedang menyamar'

Bangsa Inca di Peru adalah orang-orang pertama yang membudidayakan kentang pada sekitar tahun 200 SM? Kentang yang mereka tanam berbeda-beda ukurannya, dari sebesar kacang hingga sebesar apel, dengan warna keemasan, merah, biru, dan hitam. Bangsa Inca juga menggunakan kentang untuk mengukur waktu. Satuan waktu ditetapkan dengan berapa lama dibutuhkan untuk memasak kentang.

Orang Sherpa di Nepal menganjurkan orang memakan bawang putih untuk mencegah dan mengobati rasa tidak nyaman yang disebabkan ketinggian gunung

Ki Manteb Soedharsono adalah dalang wayang kulit dengan pagelaran terlama, yaitu 24 jam 28 menit non-stop dengan lakon Bharata Yudha? Acara ini disiarkan oleh RRI Semarang mulai pada pk. 21.25 WIB, 4 September 2004 hingga pk. 21.15 WIB, 5 September 2004."
Tempe terpanjang di dunia dibuat oleh warga Kwaron RT 05/RW 11, Kelurahan Bangetayu Kulon, Kecamatan Genuk, Semarang. Tempe yang panjangnya 501,74 meter, lebar 6 cm dan tebal 2 cm ini dibuat dalam rangka peringatan hari kemerdekaan R.I., 17 Agustus 2004. Pembuatan tempe ini menghabiskan bahan 375 kg kedelai dan 0,5 kg ragi.

Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis yang merupakan suatu penyakit paru-paru adalah kata terpanjang dalam bahasa Inggris

Bayer mengiklankan obat batuk yang mengandung heroin pada 1898

Aspirin buatan Bayer adalah obat pertama yang dipasarkan dalam bentuk tablet. Obat ini pertama kali dipasarkan pada 1899 dalam bentuk bubuk, tetapi pada 1900 dipadatkan menjadi tablet yang dapat larut di dalam air.

Kapten Nathaniel Butler, Gubernur Bermuda, mengirimkan sebuah kargo kentang kepada Francis Wyatt, Gubernur Virginia pada tahun 1621? Ini adalah untuk pertama kalinya kentang tiba di Amerika Utara.

Keripik kentang diciptakan secara kebetulan. Pada 1853, Cornelius Vanderbilt, raja kereta api di Amerika Serikat, mengeluh karena kentang goreng yang disajikan di restorannya terlalu tebal, dan mengembalikannya berkali-kali ke dapur. Juru masaknya kesal dan mengiris kentangnya tipis-tipis dan menggorengnya dengan minyak yang panas. Ternyata Vanderbilt menyukai kentang itu.

Bangsa Spanyol mengklaim bahwa Gonzalo Jiménez de Quesada adalah orang pertama yang memperkenalkan kentang ke Eropa pada tahun 1550? Sementara itu, orang-orang Irlandia mengatakan bahwa kentang baru diperkenalkan ke Eropa oleh Sir Walter Raleigh pada 1585.

Bibit teh pertama kali diperkenalkan ke Jepang oleh biarawan Buddhis, Yeisei pada abad ke-8, yang melihat manfaat penggunaan teh di Tiongkok untuk meningkatkan meditasi

Bangsa Persia pertama kali menggunakan telur yang diwarnai untuk merayakan musim semi pada tahun 3000 SM. Bangsa Makedonia pada abad ke-13, adalah orang-orang Kristen pertama yang dicatat menggunakan telur yang diwarnai pada perayaan Paskah. Para tentara Salib yang kembali dari Timur Tengah menyebarkan kebiasaan mewarnai telur ini, dan orang-orang Eropa lalu menggunakannya untuk merayakan Paskah.
Kata Alpukat berasal dari bahasa spanyol "aguacate" yang artinya buah zakar, nama tersebut dipakai karena bentuk buah alpukat itu sendiri.

Kata sake, berasal dari bahasa Jepang, sake-mizu, yang berarti "air kemakmuran"

Pepsi Cola pertama kali dijual dengan nama Brad's Drink. Pertamanya berwarna biru

Hernando Cortez, sang conquistador Spanyol memperkenalkan minuman cokelat di Spanyol pada 1529 dan sejak itu cokelat menjadi minuman keluarga raja

Cokelat batangan dulunya dibuat dari cokelat yang pahit-manis? Cokelat susu diperkenalkan pada tahun 1875 oleh Henri Nestlé, pembuat susu kental dan Daniel Peter, pembuat cokelat. Bersama-sama mereka menciptakan cokelat susu yang kini disukai oleh 80% penduduk dunia.

Minuman soda bergas diciptakan pada tahun 1767 oleh Joseph Priestley. Bersama Antoine Lavoisier ia menemukan oksigen.

Schlechter mesin pembuat roti listrik otomatis diperkenalkan pada tahun 1992
Lembah Napa, daerah pertanian anggur dan pengolahannya, telah mengalahkan Disneyland sebagai tujuan wisata nomor satu di California, dengan 5,5 juta pengunjung setiap tahunnya

Di Indonesia tumbuh sekitar 1500 spesies lumut, sementara di dunia terdapat 4000 spesies

Taman lumut dengan jumlah koleksi terbesar di dunia terdapat di Kebun Raya Cibodas, Pacet, Cianjur. Taman ini memiliki sekitar 170 spesies lumut yang sebagian besar berasal dari Indonesia.

Setiap tahunnya sekitar 2 milyar ton pupuk kandang dihasilkan di Amerika Serikat. Perancis, Belanda dan Belgia digolongkan oleh Masyarakat Eropa sebagai wilayah "kelebihan pupuk kandang" karena mereka memproduksi lebih banyak daripada yang dapat diserap oleh tanahnya.

Indonesia adalah negara tersulit didalam implementasi logistik di dunia dimana ribuan pulau dan prasarana yang diperlukan untuk menjalaninya, sayangnya belum ada teori atau kebijakan yang tepat yang dapat diterapkan. Gudangologi adalah salah satu ilmu dimana logistik dan pergudangan Indonesia dibahas secara asli Indonesia.

Saat pertama kali Dick dan Mac McDonald membuka gerai makanan McDonald's yang saat ini terkenal dengan dengan hamburgernya tahun 1937, mereka hanya berjualan hot dog dan baru berjualan hamburger 11 tahun kemudian.

Charles Grigg dari Missouri menciptakan sejenis minuman dengan rasa lemon dan jeruk nipis pada 1929 yang dinamainya ""Bib-Label Lithiated Lemon-Lime Soda"? Empat tahun kemudian ia mengganti namanya menjadi 7 Up, dan penjualannya langsung meningkat hebat.

Di Babilon kuno, ayah pengantin perempuan akan menyediakan minuman madu yang difermentasikan untuk persediaan minumnya selama satu bulan? Karena itulah masa minuman madu gratis itu kemudian disebut masa bulan madu.

Keju berasal dari Timur Tengah. Mereka bosan jika susu hanya dikonsumsi begitu saja. Kebetulan ada penjual susu yang melihat seorang tentara membuang susu bekalnya. Susu itu sudah menggumpal, meski belum berbau. Susu yang disimpan dalam kantong yang terbuat dari lambung binatang itu masih mengandung enzim penggumpal, lalu terbantu oleh sengatan matahari dan gocangan kuda. Gumpalan itulah yang lalu dibuat menjadi keju. Penegtahuan tentang keju diadopsi bangsa Romawi. Legiuner Romawi mendapatkan tunjangan pensiun berupa sepetak tanah, lalu mereka menyebarkanperadaban romawi, termasuk teknik membuat keju. Tehnik ini diperbarui oleh Louis Pasteur ysng meneliti tentang efek mikro organisme yang hidup di dalam susu. Ia menemukan cara membunuh patogen di dalam susu dan dinamai pasteurisasi.
Dengan hampir 30 lokasi pembuatan bir, Nigeria menjadi negara produsen bir terbesar di seluruh Afrika. Sejarah pembuatan bir di Afrika telah dimulai sekitar 8000 tahun yang lalu oleh bangsa Mesir.

Biji mustard di Mount Horeb, Wisconsin, Amerika Serikat, terdapat museum mustard terbesar di dunia? Di museum ini terdapat 1.493 jenis mustard dari Argentina hingga Swiss, dan dari 48 negara bagian Amerika Serikat. Dari mustard kuning saja, museum ini menyimpan 200 jenis.
Suatu hari Margaret Herrick, pustakawati untuk Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengatakan bahwa patung Academy Award mirip sekali dengan pamannya yang bernama Oscar. Sejak itu orang terus menyebut piala itu sebagai Piala Oscar
Pada 1991, Laura Dern bersama ibunya, Diane Ladd memperoleh nominasi Oscar untuk peran mereka dalam film Rambling Rose - Dern sebagai Aktris Terbaik dan ibunya sebagai Aktris Pembantu Terbaik? Inilah kali pertama dalam sejarah Oscar, pasangan ibu dan anak memperoleh nominasi untuk film yang sama.
Orang Jerman membuat film Casablanca sebagai sebuah propaganda, sehingga dilarang diputar umum selama Perang Dunia II. Setelah perang, hanya versi yang sudah disensor habis-habisan yang diizinkan diputar. Semua referensi tentang Nazi digunting.
Marilyn Monroe mengakui mengalami kesulitan ketika harus menyesuaikan diri dengan namanya yang baru dari nama lamanya, Norma Jean Baker? Ketika membuat tanda tangannya yang pertama, ia harus pelan-pelan, karena ia tidak begitu yakin bagaimana mengeja nama "Marilyn" — di mana ia mesti meletakkan huruf 'i', dan di mana 'y'."
Pada masa-masa awal industri film di Hollywood, para bintang film harus menyediakan pakaiannya sendiri untuk pembuatan filmnya
Serikat Sutradara Amerika mengadakan pemogokan pada 14 Juli 1987 di Hollywood, California, terhadap Warner Brothers dan Columbia Pictures pada pk. 6.00 pagi. Lima menit kemudian, pada pk. 6.05 hari yang sama, tercapailah kesepakatan kontrak film dan televisi.
Pada Abad Pertengahan orang-orang muda mengambil sebuah nama dari sebuah bejana untuk melihat siapakah Valentine mereka. Nama ini lalu disimpan di lengan baju mereka selama seminggu. Ada kepercayaan di masa lampau bahwa pada hari Valentine, seorang gadis kelak akan menikahi lelaki lajang pertama yang ia jumpai pada hari itu. Seorang gadis dapat mencari tahu siapa calon suaminya dengan pergi ke makam St. Valentinus pada tengah malam menjelang perayaan tersebut. Ia kemudian harus menyanyikan suatu lagu yang telah ditentukan dan lari mengelilingi gereja sebanyak 12 kali
Sylvia Miles adalah bintang film yang tampil paling singkat dalam film Midnight Cowboy yang memberikan nominasi Oscar kepadanya. Seluruh perannya hanya berlangsung selama enam menit.
Novel Victor Hugo, Les Miserables, mengandung salah satu kalimat yang paling panjang dalam bahasa Perancis - 823 kata tanpa titik
Seniman Stan Herd telah menciptakan berbagai reproduksi lukisan dalam bentuk bunga-bungaan oleh pelukis-pelukis terkenal seperti Cézanne dan van Gogh, yang berukuran hingga ratusan meter persegi. Herd merancang lukisan-lukisannya agar dapat dilihat dari udara. Ia menggunakan benih-benih yang diseleksi agar menghasilkan tanaman-tanaman yang memiliki warna-warna persis seperti yang ia kehendaki.
Semua peran dalam drama Shakespeare aslinya dimainkan oleh laki-laki. Di Inggris pada waktu itu ada anggapan bahwa tidak sopan bila perempuan tampil di panggung.
Billie Jean oleh Michael Jackson adalah rekaman video pertama yang disiarkan oleh MTV yang dibawakan oleh seorang artis kulit hitam? Mulanya saluran ini tidak mau menyiarkan musik yang dibawakan oleh artis kulit hitam manapun!
Dalam salah satu adegan film The Sound of Music, kelihatan jelas sebuah kotak jeruk yang dicap dengan kata-kata "Produksi Israel"? Kisah film ini berlangsung pada 1938, sepuluh tahun sebelum negara Israel terbentuk!
Nama Oprah Winfrey sebetulnya adalah kesalahan eja? Orangtuanya bermaksud menamainya Orpah, seperti yang terdapat di dalam Alkitab, tetapi sang bidan yang mencatat kelahiran itu tidak dapat mengeja dengan baik, sehingga namanya menjadi Oprah.
Beberapa pengemudi kereta kuda dalam film Ben-Hur yang kisahnya berlangsung pada abad pertama Masehi, tampak mengenakan jam tangan
Cerita asli Aladdin dari Kisah 1001 Malam dimulai dengan kata-kata Aladdin adalah seorang anak kecil di Tiongkok
Biaya membuat film Titanic adalah AS$200 juta, sementara biaya pembuatan kapal itu sendiri sekarang adalah sekitar AS$123 juta
Di kota Krakow Polandia terdapat Taman Kanak-kanak Paul McCartney. Di Taman Kanak-kanak ini, anak-anak belajar bahasa Inggris melalui lagu-lagu McCartney.
Dua bersaudara Dixie Chicks, Martie Seidel dan Emily Erwin pertama-tama menyanyi di sudut-sudut jalan di pusat kota Dallas, Texas pada usia 19 dan 16 tahun
Permainan ular tangga didasarkan pada ajaran karma dalam agama Hindu. Perbuatan yang baik akan membuahkan hasil yang positif, sementara perbuatan yang jahat akan menyebabkan mala petaka.

Dr. Karl May yang menulis serial Winnetou yang menceritakan tentang suku Indian Amerika dengan detail sama sekali belum pernah ke Amerika.

Dulu di Eropa, sepak bola merupakan permainan para penjahat di Yunani, yang menggunakan kandung kemih babi dan diisi dengan udara

J.K. Rowling, pengarang cerita Harry Potter, dinasihati oleh penerbitnya agar menggunakan singkatan namanya saja, karena dikhawatirkan anak-anak lelaki tidak akan mau membaca bukunya apabila tahu bahwa pengarangnya adalah seorang perempuan

Lalo Schifrin menciptakan musik pembukaan yang khas untuk film televisi Mission: Impossible. Untuk itu ia mendapatkan Penghargaan Grammy untuk Musik Orisinal Terbaik untuk Film Bioskop atau Televisi pada 1968.

Perang Cola juga merambat hingga ke dunia politik. Misalnya, Partai Demokrat biasanya menyuguhkan Coca Cola, sedangkan Partai Republik biasanya menyuguhkan Pepsi Cola kepada tamu-tamunya. Hal ini disebabkan karena kontribusi politik kedua pabrik minuman ringan tersebut kepada masing-masing partai tersebut.

Pada 1965 duet Simon and Garfunkel menerbitkan lagunya "Silent Night/7 O'Clock News". Dalam lagu Silent Night versi mereka terdengar berita radio yang semakin menguat, penuh dengan berita tentang kekerasan dan kejadian tragis yang kontras dengan berita damai di dalam lagunya.

Mona Lisa tidak mempunyai alis mata. Di Firenze pada masa Renaisans terdapat kebiasaan untuk mencukur habis alis mata perempuan. Mac von Schillings menciptakan sebuah opera tentang Mona Lisa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar