Apa yang ingin anda ketahui

Powered By Blogger

Minggu, 27 Desember 2009

Pengetahuan Segala Sesuatu 2

Ada 119 guratan di pinggir mata uang 50 sen dolar Amerika Serikat

Firenze di Italia adalah kota pertama yang mencetak mata uang emasnya sendiri pada 1252

Jam tangan pertama di dunia diciptakan oleh Louis Cartier pada 1904

Pencetak laser pertama Xerox ketika Gary Starkweather, memodifikasi sebuah mesin fotokopi Xerox pada 1971 hingga menjadi pencetak komputer. Mesin pencetak laser akhirnya menjadi bisnis yang menghasilkan milyaran dolar untuk Xerox.

Ketika sepeda belum menggunakan rantai, sepeda dijalankan menggunakan kaki dan kecepatan maksimalnya hanya 2 km/jam

Meskipun tak pernah melihat jam sebelumnya, Benjamin Banneker mampu membuat sebuah jam pada 1754 yang bekerja secara akurat selama beberapa tahun

Guillotine aslinya dinamai louisette, seturut penciptanya, Antoine Louis, seorang ahli bedah Perancis? Namun belakangan namanya lebih dikenal sebagai guillotine, sesuai nama Joseph Ignace Guillotin, seorang dokter Perancis yang mengusulkan pembuatannya.

Sabeer Bhatia, seorang warga negara India, menciptakan Hotmail, dan kemudian menjualnya pada 1997 kepada Microsoft dengan harga US$400 juta

Hotmail pertama kali diciptakan pada 1995, dan diluncurkan pada 1996 dengan nama HoTMaiL? Huruf besar dalam namanya menunjukkan HTML, yaitu sebuah bahasa Web.

Pada Agustus 1981 Sony mengeluarkan kamera elektronik Sony Mavica, yang merupakan kamera elektronik komersial yang pertama

Kincir angin yang sering dijadikan lambang negara Belanda mula-mula diciptakan di Iran pada tahun 644? Kincir ini sudah digunakan untuk menggiling serealia.

Sebelum karet penghapus ditemukan, orang menggunakan potongan-potongan roti untuk menghapus tulisan pensil

Tenaga uap telah mulai digunakan pada tahun 50 SM

Pada tahun 1600-an termometer diisi dengan brandy dan bukan dengan air raksa
Sebelum termometer diciptakan, para pembuat minuman keras mencelupkan jarinya ke cairannya untuk menentukan temperatur yang tepat, tidak terlalu dingin atau terlalu panas, untuk memasukkan ragi

Meskipun telepon telah ditemukan 53 tahun sebelumnya, baru pada 1929, ketika Herbert Hoover menjabat sebagai presiden, Gedung Putih memberikan pesawat telepon pribadi untuk presiden AS di kantor pribadinya. Sebelumnya, presiden harus menggunakan telepon yang ditempatkan di lorong Gedung Putih.

Pesawat terbang pertama yang diterbangkan di Kitty Hawk, North Carolina oleh kedua bersaudara Wright pada 17 Desember 1903 dinamai "Flyer" (Penerbang) Namun pada penerbangan perdananya "Flyer" hanya dapat bertahan di udara selama 12 detik! Kedua bersaudara itu mencoba terbang lagi tiga kali hari itu, dan penerbangan terakhir mereka berlangsung selama 59 detik dan menjangkau jarak 256,7 meter.

pada 21 Maret 1999, Breitling Orbiter 3 menjadi balon terbang pertama yang terbang mengelilingi dunia tanpa berhenti. Penerbangan yang diawaki oleh Bertrand Piccard dan Brian Jones ini berlangsung selama 19 hari, 21 jam, dan 47 menit.

Pesawat terbang Boeing 767 dibuat dari 3,1 juta onderdil dari 800 pemasok di seluruh dunia

Mutiara terbesar di dunia ditemukan di pulau Palawan, Filipina, pada tanggal 7 Mei 1934? Mutiara seberat 6,73 kg ini kemudian diberi nama Mutiara Allah dan dinobatkan sebagai mutiara terbesar di dunia.

Intan "Hope" diperoleh Raja Louis XIV pada 1668? Permata ini dikenakan oleh Marie Antoinette 120 tahun kemudian, dan kini disimpan di Smithsonian Institution. Permata biru ini beratnya 44,5 karat.

Kantong plastik diperkirakan baru akan hancur setelah 50.000 tahun

Flyer adalah pesawat pertama yang diterbangkan di Kitty Hawk oleh Wright Bersaudara pada 17 Desember 1903? Namun penerbangan perdananya hanya berlangsung 12 detik. Mereka mencoba menerbangkannya tiga kali lagi hari itu, dan penerbangan terakhir berlangsung 59 detik dan menempuh jarak 259,69 meter.

Pada tahun pertama VW Kodok diperkenalkan di Amerika Serikat, hanya 330 buah yang laku terjual

Rakyat Tiongkok telah menggunakan aluminium pada tahun 300, sementara bangsa-bangsa Barat baru menemukannya pada 1827

Mengapa tercipta giwang dan anting-anting? Ceritanya berasal dari benua Afrika. Jika tindikannya kian gede, antingnya dibuat gede-gede sampai ndelewer bolongnya. Gunanya biar gairah seksnya bikin pas prianya. Menurut kepercayaan mereka, daun telinga punya satu titik yang bisa membuat seks menggelora. Ada juga titik untuk mengurangi gairah seks. Jadi para perawat di rumah sakit harus pandai mencari titik paling kuat dan paling lemah. Salah tindik bisa bahaya bagi kelangsung gairah seks bayi-bayi perempuan itu. Ketika para pria tahu bahwa ada titik seks di sekitar telinga, maka ramai-ramai, pria-pria masa kini ikut menindik telinganya. Tetapi hati-hati, jangan salah tindik, kalau salah malah jadi impotent.

Henry Ford membutuhkan tujuh tahun untuk memproduksi 1 juta mobil? Setelah angka itu dicapai pada 1924, ia hanya membutuhkan 132 hari kerja untuk memproduksi 9 juta mobil lagi

Dewan Pariwisata Singapura menciptakan becak dengan tenaga aki untuk melayani wisatawan. Becaknya dilengkapi rekaman berisi info dan panduan kepada wisatawan dalam bahasa Inggris, Jerman, Hokkian, Jepang, Korea dan Mandarin.

Amerika Serikat membeli Alaska dari Rusia pada 1867 dengan harga $7.200.000 atau sekitar 2 sen untuk setiap 4.046,86 m²

Tulisan YKK pada ritsleting anda adalah singkatan dari Yoshida Kogyo Kabushikigaisha perusahaan manufaktur ritsleting terbesar di dunia

Di Guthrie, Oklahoma, terdapat Museum Pemantik Nasional? Di sini dikoleksi 20.000 jenis benda yang mewakili 85.000 tahun sejarah pemantik api dalam hidup manusia. Ini adalah museum satu-satunya di dunia yang mengumpulkan dan melestarikan sejarah evolusi pemantik dan geretan.

Lebih dari 60 juta cokelat kelinci dan 36 juta kotak cokelat dijual untuk Hari Valentine
Kulkas meskipun rumah-rumah orang Eskimo terbuat dari es, namun kulkas banyak terdapat di rumah-rumah itu? Mereka menggunakan kulkas tersebut untuk menjaga agar bahan makanan mereka tidak membeku!"

tambang garam Wieliczka, di kota Wieliczka, dekat Krakow, Polandia, telah beroperasi selama hampir 1000 tahun

Kipas angin di langit-langit menggunakan tenaga listrik yang sama banyaknya dengan lampu 60 watt. Itu berarti listrik yang digunakan sekitar 98% lebih sedikit daripada kebanyakan pendingin udara!


14 tahun sebelum kapal Titanic berlayar pada bulan April 1912 dalam pelayaran perdananya dari Southampton ke New York City, terbit novel yang berjudul "Futility"? Kisahnya adalah tentang sebuah kapal mewah terbesar di dunia yang tak bisa tenggelam dan berlayar di Samudera Atlantik
Novel "Futility" mengisahkan kapal yang mirip dengan Titanic. Seperti Titanic, para penumpang kapal ini adalah para warga kelas atas masyarakat. Kapal ini juga tidak mempunyai cukup sekoci. Menurut cerita, pada malam bulan April yang dingin, kapal itu menabrak sebuah gunung es dan tenggelam di Atlantik. Nama kapal dalam novel karya Morgan Robertson ini adalah The Titan!
Di Milano, Italia ada peraturan yang mewajibkan warganya untuk selalu tersenyum. Pengecualian diberikan bagi mereka yang mengunjungi pasien di rumah sakit atau menghadiri pemakaman. Pelanggar akan didenda sebesar AS$100.
Pada saat Nyepi, umat Hindu Dharma tidak bepergian (amati lelungan), tidak menyalakan api/lampu (amati geni), tidak melakukan pekerjaan (amati karya), dan tidak diperkenankan bersenang-senang (amati lelanguan)
Walikota Chicago, Richard J. Daley, memperingati Hari St. Patrick pada 1965 dengan menuangkan zat pewarna hijau sebanyak 45,36 kg ke Sungai Chicago? Hari St. Patrick selalu diasosiasikan dengan warna hijau.
Alamat, status ekonomi, atau pendidikan menyebabkan sekitar setengah juta warga Inggris memiliki lebih dari satu hak suara dalam pemilihan umum di Inggris pada 1885 Seorang lulusan universitas yang juga memiliki bisnis di kota London bisa memberikan suara tiga kali - masing-masing di rumahnya, di universitasnya, dan di kota.
Pada 1418 perhiasan kepala kaum perempuan begitu tingginya sehingga pintu-pintu di istana kerajaan di Vincennes, Perancis harus ditinggikan, atas perintah Ratu, agar kaum perempuan di istana dapat lewat tanpa harus menunduk.
Seorang tukang pos di Amerika Serikat rata-rata mengantarkan surat ke 300 alamat. Hal ini sebanding dengan melakukan 600 rangkaian langkah aerobik setiap harinya.
Sejak tahun 1993 sampai sekarang, secara berturut-turut Denmark diperintah oleh 3 orang perdana menteri yang bermarga Rasmussen. Mereka adalah Poul Nyrup Rasmussen, Anders Fogh Rasmussen, dan Lars Lokke Rasmussen. Menariknya, tak satupun di antara ketiga PM tersebut yang memiliki hubungan kekerabatan.
Pabrik mobil Amerika Serikat Studebaker memproduksi mobil yang dinamai "Dictator" pada 1927-1936. Ini tidak ada hubungannya dengan naiknya pamor Adolf Hitler pada masa yang hampir bersamaan.
Selama Perang Krim, pasukan Britania kehilangan sepuluh kali lebih banyak anggotanya karena disentri ketimbang karena luka-luka dalam pertempuran
Bahasa Perancis pernah menjadi bahasa resmi di Inggris selama lebih dari 600 tahun
Pada 1969 El Salvador berperang melawan Honduras gara-gara suatu pertandingan sepak bola
Ketika Spanyol mengumumkan perang melawan Amerika Serikat pada 1898, AS membalasnya dengan pengumuman yang sama, namun memundurkan tanggalnya tiga hari, agar kelihatan pihak yang lebih dulu mengumumkannya lebih heroik
Sebelum Perang Dunia II, di buku telepon New York City terdapat 22 orang yang bernama belakang Hitler? Setelah Perang Dunia II berakhir, tak satu orang pun di kota itu yang menggunakan nama belakang Hitler!
Lagu kebangsaan terpanjang yang pernah disajikan adalah God Save the King di peron stasiun kereta api Rathenau di Brandenburg, Jerman, pada 9 Februari 1909. Saat itu Raja Edward VII sedang berjuang mati-matian di dalam kereta untuk mengenakan seragam Marsekal, karena itu band militer Jerman mengulang-ulang lagu itu hingga 17 kali!
Bendera Filipina adalah satu-satunya bendera di dunia yang dikibarkan berbeda pada masa damai atau perang
Hingga kini seragam Pengawal Swiss di Kota Vatikan masih tetap sama dengan yang dirancang oleh Michelangelo pada awal abad ke-16
Dalam sebuah survai pada tahun 2000 ditemukan jejak kokain pada 99% uang kertas Inggris di London
Jack the Ripper, pembunuh terkenal di Inggris pada abad ke-19, melakukan kejahatannya pada akhir pekan
Pada akhir Perang Saudara Amerika Serikat, 33% dari semua uang kertas Amerika Serikat yang beredar adalah palsu. Pada 5 Juli 1865 Dinas Rahasia dibentuk sebagai bagian dari Departemen Keuangan untuk memerangi uang palsu.

Pada tahun 1875, direktur Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat mengajukan surat pengunduran dirinya dan menyarankan agar kantornya ditutup. Menurut pendapatnya, orang tidak mungkin lagi menciptakan sesuatu yang baru

Di Zimbabwe membuat lelucon tentang nama presiden (termasuk Canaan Banana) adalah pelanggaran hukum sejak tahun 1982

Menginjak api adalah sebuah ritual yang sudah tua sekali? Rujukan-rujukan tertua mengenai upacara ini telah lebih dari 3000 tahun, ketika para pertapa di India berjalan di atas bara api untuk menguji dan menyucikan diri mereka

Sejak pendudukan Israel, dari 9 juta warga Palestina, 6 juta di antaranya berada di luar negeri. Dari 3 juta yang berada di dalam negeri, lebih dari setengahnya berada dalam tahanan.

Kabinet Indonesia yang memiliki personil terbanyak ialah Dwikora II, dengan 132 personil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar