Apa yang ingin anda ketahui

Powered By Blogger

Minggu, 27 Desember 2009

Mitos-mitos di Dunia

Mitos-mitos di Seluruh Dunia

Melempar GadisDulu, orang2 Nicaragua percaya, jika mereka melemparkan wanita muda yang cantik ke dalam gunung berapi, maka gunung tsb akan berhenti meletus.

Menghalau Vampir
Cerita rakyat, ada beberapa cara melindungi diri dari serangan vampir dengan ramuan bawang putih dan simbol-simbol agama. Untuk memperlambat jalan vampir, mereka harus disibukkan dengan menaburkan biji-bijian, membuat kusut benang atau jaring.

Hadiah Sandal
Di negara China dulu, hukumnya tabu jika memberikan sandal jerami sebagai hadiah, karena itu berhubungan dengan kuburan dan membawa sial.

Kota Sehari
Di Scotlandia, kota Brigaddon muncul secara aneh selama hanya sehari. Berarti sama dengan candi Roro Jonggrang, seribu candi dan patung hanya dibangun selama semalam.

Kucing di Kapal
Banyak pelaut percaya jika ada kucing yang naik ke kapal mereka, itu berarti mereka akan bernasib baik dalam perjalanan.

Dirasuki Roh Jahat
Untuk mencegah anak laki-laki dirasuki roh jahat, orang Eropa memberi baju berwarna biru. Biru adalah warna langit yang dihubungkan dengan roh-roh di surga, sedangkan anak perempuan diberi baju berwarna pink.

Suku Aztec
Suku Aztec percaya batu Turquoise (batu pirus, warnanya hijau ke biruan) dapat melindungi mereka dari serangan fisik, maka prajurit Aztec menggunakan batu itu untuk menhias tamengnya.

Pengantin Bawa Gula
Budaya Yunani kuno, pengantin wanita membawa bongkahan kecil gula pada sarung tangannya, agar bisa membawa kehidupan pernikahan yang manis.

Kelahiran Makan Keju
Di Eropa pernah ada kebiasaan bagi seorang calon ayah yang menantikan kelahiran anaknya untuk memakan keju? Ia mulai mengorek bagian tengah keju itu, sehingga terciptalah sebuah lubang yang besar. Belakangan, setelah bayinya lahir, diadakan upacara dengan meloloskannya melalui lubang keju tersebut.

Makhluk Jadi-jadian
Banyak kepercayaan tentang makhluk jadi-jadian. Ada manusia harimau, manusia serigala di Yunani, manusia beruang di kawasan Asia, manusia Hyena di Afrika, manusia anjing hutan Coyote diburu di Amerika Tengah, manusia kadal di Selandia baru atau babi ngepet dan leak di Indonesia. Karakternya serupa, misalnya perubahan di malam hari, menularkan kemampuan berubah bentuk melalui tetesan darah dalam gigitan, luka yang terjadi dalam bentuk binatang juga muncul dalam ujud manusia, atau binatang jadi-jadian yang mati segera kembali berubah jadi manusia dan mereka suka mencuri atau menyakiti manusia. Suku Indian Sioux di Dakota Utara, AS, yang dulu percaya akan adanya binatang pemangsa manusia. Takhayul itu lahir akibat rasa takut terhadap mastodon yang berkeliaran di dataran Dakota.

Peri
Siapakah Peri? Apakah mereka ada? Seorang Irlandia dengan singkat menjawab, “Saya tidak percaya pada peri, tetapi mereka ada disana.“ Orang Kristen percaya bahwa Peri adalah malaikat yang memberontak di surga hingga dihukum, dilempar ke bumi. Karena mereka tidak terlalu jahat untuk dimasukkan ke neraka, mereka hanya dikirim untuk hidup selamanya di bumi. Itulah mengapa mereka bisa bertindak sangat baik seperti malaikat atau sebaliknya seperti iblis.

Hantu Aswang
Hantu
PDRTJS_settings_64000_post_720 = {
"id" : "64000",
"unique_id" : "wp-post-720",
"title" : "Hantu+Aswang",
"item_id" : "_post_720",
"permalink" : "http%3A%2F%2Fmisteridunia.wordpress.com%2F2008%2F09%2F25%2Fhantu-aswang%2F"
}
Aswang atau Asuwang (white lady) adalah setan kuburan dalam dongeng2 filipina. Aswang boleh dibilang Drakulanya Filipina. Mitos Aswang ngetop di visayan, capiz, iloilo. Ciri khas Aswang makhluk supranatural ini adalah kecendrungan untuk menutupi bangkai hasil buruan mereka dengan batang pisang. Mereka memburu anak kecil untuk diambil hati dan jantungnya. Mereka juga memburu ibu yang mengandung, lalu menghisap darah kandungan, dengan cara memasukkan belalai panjangnya melalui rahim hingga janin di kandungan mati. Di Capiz terkenal dengan sebutan Tik-tik dan Wak-wak, karena suaranya seperti itu. Aswang bisa berubah ke wujud manusia, anjing, babi dan burung hitam. Ada yang berwujud pria tampan yang berburu gadis untuk dihisap darahnya. Jika berwujud gadis cantik, malamnya mereka menjadi kelelawar. Jika aswang punya anak, anak perempuan yang mewarisi darah aswangnya.

Takhayul Jepang
Tabeta ato, sugu yoko ni naruto, ushi ni naru, artinya habis makan langsung rebahan bisa jadi sapi. Belum ada bukti hal ini bisa kejadian. Mungkin kalimat itu mengandung arti agar anak mau membantu bekerja di ladang.
Hinakazari wo hayakushimawanaito, yome ni ikiokureru. Artinya jika hiasan boneka hina tidak disimpan, bakalan telat nikah. Pada perayaan selamatan bayi perempuan yang dinamakan Hina Matsuri, setiap keluarga yang memiliki anak perempuan, sejak bulan Februari harus memajang boneka `Hina` di ruangan tengah, yang terdiri dari pasangan putri dan pangeran disertai para dayang dan pengawalnya. Pajangan boneka Hina ini, harus segera disimpan atau dirapikan jika telah lewat dari tanggal 3 Maret. Apabila tidak mereka percaya bahwa si anak perempuan tersebut akan telat menikah nantinya.Shitewa ikenai koto artinya sesuatu hal tidak boleh dikerjakan. Dalam kepercayaan Jepang, ada beberapa hal yang tidak boleh dikerjakan seseorang karena mengandung firasat buruk, diantaranya: Tidak boleh menyuguhkan makanan dengan jumlah empat (4) buah. Maksudnya angka empat berarti kematian. Jadi jika menyuguhkan makanan berjumlah empat, seolah mengundang kematian. Pemakannya akan meninggalkan dunia.

Kutukan Makam Shakespeare
Shakespeare sudah menduga perilaku keserakahan manusia masa depan. Ia pun menyiapkan kutukan untuk melindungi makamnya. Kutukan yang diukir pada batu nisan di kuburan Shakespeare di Holy Trinity Church, Stratford-on-Avon, tahun 1616. Tulisan itu menyelamatkan kerangkanya dari penggalian. Bunyi kutukan itu adalah “Dan terkutuklah dia yang memindahkan tulang-tulangku”. Kecemasan mengenai penggalian mayat sangat memprihatinkan dibandingkan dengan kekhawatiran mengenai kematiannya sendiri.

Tahyul Seorang Raja
PDRTJS_settings_64000_post_657 = {
"id" : "64000",
"unique_id" : "wp-post-657",
"title" : "Tahyul+Seorang+Raja",
"item_id" : "_post_657",
"permalink" : "http%3A%2F%2Fmisteridunia.wordpress.com%2F2008%2F09%2F24%2Ftahyul-seorang-raja%2F"
}
Raja Yemen Yehia Hamid, penguasa semenanjung Arab, sangat yakin bahwa lukisan wajah adalah sesuatu yang suci sehingga pantang dilukis pada sebuah media. Jika tabu ini dilanggar, orang yang dilukis itu akan bernasib sial, mati dalam keadaan tragis. Maka ia melarang kameramen mempotre dan melukis wajahnya. Seorang pelukis Itali melihat wajah raja Yehia dan merekam detail raja di memori otaknya, lalu ia melukis wajah raja berusia 81 tahun itu di rumahnya. Februari 1948, si pelukis menyerahkan salinan potret Yehia Hamid pada media dan memuatnya. Selang sehari kemudian pelukis itu membaca berita bahwa Raja Yemen, Yehia Hamid tewas ditembak, bersama tiga anak dan seorang penasihat kerajaan.

Angka 13
Sebagai contoh kecil, di berbagai gedung tinggi di China, tidak ada yang namanya lantai 13 dan 14. Adanya dari lantai 12 langsung loncat ke angka15. Menurut kepercayaan mereka, kedua angka tersebut tidak membawa hoki. Di dunia barat, angka 13 dianggap angka sial. Demikian pula di berbagai belahan dunia lainnya. Kalau kita perhatikan nomor-nomor di dalam lift gedung-gedung tinggi dunia, Anda tidak akan jumpai lantai 13. Biasanya angka 13 maka diloncati.
Angka 13 dianggap angka sebermula dari Kabbalah budaya Yahudi. Kabalah merupakan sebuah ajaran mistis kuno, yang telah dirapalkan oleh Dewan Penyihir tertinggi rezim Fir’aun, diteruskan penyihir, pesulap, peramal, paranormal dan kaum Zionis-Yahudi sendiri. Orang Yahudi gemar mengutak-atik angka (numerologi), sehingga dikenal sebagai kaum Geometrian. Bagi mereka angka 13 adalah angka suci, punya daya magis dan religius bersama angka 11 dan 666. Angka ini dipakai dalam berbagai ritual setan. Simbol Baphomet atau Kepala Kambing Mendez (Mendez Goat) juga bersimbol 13. Jadi angka 13 dianggap sial karena menjadi bagian utama dari ritual setan.
Lambang Negara AS Penuh 13
Selain kartu Remi dan Tarot, angka 13 juga tersisip dalam lambang negara The Seal of United States of America yang terdiri dari dua sisi (Burung Elang dan Piramida Illuminati) sarat dengan angka 13 yakni :-13 bintang di atas kepala Elang membentuk Bintang David.-13 garis di perisai atau tameng burung.-13 daun zaitun di kaki kanan burung.-13 butir zaitun yang tersembul di sela-sela daun zaitun.-13 anak panah.-13 bulu di ujung anak panah.-13 huruf yang membentuk kalimat ‘Annuit Coeptis’-13 huruf yang membentuk kalimat ‘E Pluribus Unum’-13 lapisan batu yang membentuk piramida.-13 X 9 titik yang mengitari Bintang David di atas kepala Elang.

Phobia Jumat Tanggal 13
Lebih dari 21 juta orang punya penyakit paraskevidekatria phobia atau yakni rasa takut pada hari Jumat tgl 13. Maklum menurut “The Stress Management Center and Phobia Institute” di Asheville – AS, tiap hari Jumat tgl 13, ekonomi Amerika mengalami kerugian antara 800 s/d 900 juta AS$, karena banyak orang tidak mau travelling, bekerja ataupun melakukan kegiatan bisnis apapun juga. Di Amerika Latin, Yunani dan Spanyol hari Selasa tanggal 13 adalah hari sial, sehingga ada pepatah “En martes, ni te cases ni te embarques” = di hari Selasa janganlah melakukan kegiatan penting. Sedangkan di Itali hari sialnya adalah Jumat tanggal 17.
Angka 12 Angka 13 dianggap sial sial berasal dari orang Kristen. Mereka menganggap Yudas duduk di kursi ke 13. Ia menjual Yesus tepat jam 13.00. Angka 13 berada satu poin di atas angka sempurna 12 atau melebihi kekuatan puncak, otomatis akan membawa sial, maklum murid Yesus terdiri dari 12 orang, suku Israel 12, siang-malam 12 jam, bulan 12, dewa Olympus 12.
Angka Pembunuh 13
Para pembunuh sadis juga memiliki nama yg terdiri dari 13 abjad lihat saja: Jack the Rippe, Charles Manson, Theodore Bundy dan Albert De Salvo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar