Apa yang ingin anda ketahui

Powered By Blogger

Minggu, 27 Desember 2009

Oengetahuan Segala Sesuatu 5

Tinju adalah olah raga pertama yang difilmkan. Thomas Alva Edison memfilmkan sebuah pertandingan tinju antara Jack Cushing dan Mike Leonard pada tahun 1894.

Antara 1931 dan 1969 Walt Disney memperoleh 35 buah Oscar

"Queen of Pop" Madonna, yang merupakan penyanyi terkaya di dunia dengan pendapatan mencapai $110 juta, awalnya datang ke Kota New York hanya dengan uang senilai $35

Ada lebih dari 2.500 versi Yesterday karya The Beatles, sehingga lagu ini menjadi lagu yang paling banyak direkam oleh penyanyi lain dalam sejarah.

Lagu Yesterday, karya Paul McCartney dari kelompok The Beatles terpilih sebagai lagu paling populer dalam jajak pendapat BBC. Musik lagu ini dikarang sebelum syairnya. Paul menggunakan kata sementara scrambled eggs, sebelum ia menemukan kata Yesterday ketika ia mengarang lagu ini.

Jika kurang pekerjaan, silahkan membaca angka dari 1 sampai 1 miliar. Maka akn membuang waktu selama 32 tahun tanpa makan tanpa tidur. Siapa yang mau?
India adalah produsen film terbesar di dunia? Setiap tahun lebih dari 800 film cerita diproduksi dalam 14 bahasa. Ini berarti lebih dari dua buah film rata-rata diproduksi setiap harinya

Potret Jacob de Gheyn III dari Rembrandt adalah lukisan yang paling sering dicuri di dunia
Suatu hari Margaret Herrick, pustakawati untuk Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengatakan bahwa patung Academy Award mirip sekali dengan pamannya yang bernama Oscar. Sejak itu orang terus menyebut piala itu sebagai Piala Oscar
Pada 1991, Laura Dern bersama ibunya, Diane Ladd memperoleh nominasi Oscar untuk peran mereka dalam film Rambling Rose - Dern sebagai Aktris Terbaik dan ibunya sebagai Aktris Pembantu Terbaik? Inilah kali pertama dalam sejarah Oscar, pasangan ibu dan anak memperoleh nominasi untuk film yang sama.
Orang Jerman membuat film Casablanca sebagai sebuah propaganda, sehingga dilarang diputar umum selama Perang Dunia II. Setelah perang, hanya versi yang sudah disensor habis-habisan yang diizinkan diputar. Semua referensi tentang Nazi digunting.
Marilyn Monroe mengakui mengalami kesulitan ketika harus menyesuaikan diri dengan namanya yang baru dari nama lamanya, Norma Jean Baker? Ketika membuat tanda tangannya yang pertama, ia harus pelan-pelan, karena ia tidak begitu yakin bagaimana mengeja nama "Marilyn" — di mana ia mesti meletakkan huruf 'i', dan di mana 'y'."
Pada masa-masa awal industri film di Hollywood, para bintang film harus menyediakan pakaiannya sendiri untuk pembuatan filmnya
Serikat Sutradara Amerika mengadakan pemogokan pada 14 Juli 1987 di Hollywood, California, terhadap Warner Brothers dan Columbia Pictures pada pk. 6.00 pagi. Lima menit kemudian, pada pk. 6.05 hari yang sama, tercapailah kesepakatan kontrak film dan televisi.
Pada Abad Pertengahan orang-orang muda mengambil sebuah nama dari sebuah bejana untuk melihat siapakah Valentine mereka. Nama ini lalu disimpan di lengan baju mereka selama seminggu. Ada kepercayaan di masa lampau bahwa pada hari Valentine, seorang gadis kelak akan menikahi lelaki lajang pertama yang ia jumpai pada hari itu. Seorang gadis dapat mencari tahu siapa calon suaminya dengan pergi ke makam St. Valentinus pada tengah malam menjelang perayaan tersebut. Ia kemudian harus menyanyikan suatu lagu yang telah ditentukan dan lari mengelilingi gereja sebanyak 12 kali
Sylvia Miles adalah bintang film yang tampil paling singkat dalam film Midnight Cowboy yang memberikan nominasi Oscar kepadanya. Seluruh perannya hanya berlangsung selama enam menit.
Novel Victor Hugo, Les Miserables, mengandung salah satu kalimat yang paling panjang dalam bahasa Perancis - 823 kata tanpa titik
Seniman Stan Herd telah menciptakan berbagai reproduksi lukisan dalam bentuk bunga-bungaan oleh pelukis-pelukis terkenal seperti Cézanne dan van Gogh, yang berukuran hingga ratusan meter persegi. Herd merancang lukisan-lukisannya agar dapat dilihat dari udara. Ia menggunakan benih-benih yang diseleksi agar menghasilkan tanaman-tanaman yang memiliki warna-warna persis seperti yang ia kehendaki.
Semua peran dalam drama Shakespeare aslinya dimainkan oleh laki-laki. Di Inggris pada waktu itu ada anggapan bahwa tidak sopan bila perempuan tampil di panggung.
Billie Jean oleh Michael Jackson adalah rekaman video pertama yang disiarkan oleh MTV yang dibawakan oleh seorang artis kulit hitam? Mulanya saluran ini tidak mau menyiarkan musik yang dibawakan oleh artis kulit hitam manapun!
Dalam salah satu adegan film The Sound of Music, kelihatan jelas sebuah kotak jeruk yang dicap dengan kata-kata "Produksi Israel"? Kisah film ini berlangsung pada 1938, sepuluh tahun sebelum negara Israel terbentuk!
Nama Oprah Winfrey sebetulnya adalah kesalahan eja? Orangtuanya bermaksud menamainya Orpah, seperti yang terdapat di dalam Alkitab, tetapi sang bidan yang mencatat kelahiran itu tidak dapat mengeja dengan baik, sehingga namanya menjadi Oprah.
Beberapa pengemudi kereta kuda dalam film Ben-Hur yang kisahnya berlangsung pada abad pertama Masehi, tampak mengenakan jam tangan
Cerita asli Aladdin dari Kisah 1001 Malam dimulai dengan kata-kata Aladdin adalah seorang anak kecil di Tiongkok
Biaya membuat film Titanic adalah AS$200 juta, sementara biaya pembuatan kapal itu sendiri sekarang adalah sekitar AS$123 juta
Di kota Krakow Polandia terdapat Taman Kanak-kanak Paul McCartney. Di Taman Kanak-kanak ini, anak-anak belajar bahasa Inggris melalui lagu-lagu McCartney.
Dua bersaudara Dixie Chicks, Martie Seidel dan Emily Erwin pertama-tama menyanyi di sudut-sudut jalan di pusat kota Dallas, Texas pada usia 19 dan 16 tahun
Permainan ular tangga didasarkan pada ajaran karma dalam agama Hindu. Perbuatan yang baik akan membuahkan hasil yang positif, sementara perbuatan yang jahat akan menyebabkan mala petaka.

Dr. Karl May yang menulis serial Winnetou yang menceritakan tentang suku Indian Amerika dengan detail sama sekali belum pernah ke Amerika.

Dulu di Eropa, sepak bola merupakan permainan para penjahat di Yunani, yang menggunakan kandung kemih babi dan diisi dengan udara

J.K. Rowling, pengarang cerita Harry Potter, dinasihati oleh penerbitnya agar menggunakan singkatan namanya saja, karena dikhawatirkan anak-anak lelaki tidak akan mau membaca bukunya apabila tahu bahwa pengarangnya adalah seorang perempuan

Lalo Schifrin menciptakan musik pembukaan yang khas untuk film televisi Mission: Impossible. Untuk itu ia mendapatkan Penghargaan Grammy untuk Musik Orisinal Terbaik untuk Film Bioskop atau Televisi pada 1968.

Perang Cola juga merambat hingga ke dunia politik. Misalnya, Partai Demokrat biasanya menyuguhkan Coca Cola, sedangkan Partai Republik biasanya menyuguhkan Pepsi Cola kepada tamu-tamunya. Hal ini disebabkan karena kontribusi politik kedua pabrik minuman ringan tersebut kepada masing-masing partai tersebut.

Pada 1965 duet Simon and Garfunkel menerbitkan lagunya "Silent Night/7 O'Clock News". Dalam lagu Silent Night versi mereka terdengar berita radio yang semakin menguat, penuh dengan berita tentang kekerasan dan kejadian tragis yang kontras dengan berita damai di dalam lagunya.

Mona Lisa tidak mempunyai alis mata. Di Firenze pada masa Renaisans terdapat kebiasaan untuk mencukur habis alis mata perempuan. Mac von Schillings menciptakan sebuah opera tentang Mona Lisa



Rhythms (irama) adalah kata terpanjang dalam bahasa Inggris yang tidak menggunakan huruf hidup yang lazim: a, e, i, o, atau u

Kata panik berasal dari nama dewa Yunani, Pan? Menurut kepercayaan Yunani, Pan suka berteriak-teriak pada tengah malam. Orang Yunani yang mendengar suara-suara ini, seringkali menjadi panik.

Nama Gurun Sahara berasal dari bahasa Arab Sahra yang artinya gurun

Titik di atas huruf i disebut tittle? Kata ini berasal dari bahasa Latin, yang artinya sesuatu yang sangat kecil.

Sebagian besar abjad di dunia berkembang dari abjad yang diciptakan sekitar 3.600 tahun yang lalu di Timur Tengah dan dikenal sebagai Alfabet Semit Utara

Kata cokelat dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Belanda atau bahasa Inggris, yang pada gilirannya berasal dari bahasa Spanyol, yang meminjamnya dari bahasa Nahuatl, bahasa bangsa Indian Aztek di Amerika Tengah

Abjad dalam bahasa Inggris aslinya hanya mempunyai 24 huruf. Huruf J baru ditambahkan di kemudian hari, dan belakangan baru huruf U.

Kata gas diciptakan oleh kimiawan J.B. van Helmont, dari kata Yunani "chaos" yang berarti "tak berbentuk"

Kata news (berita) dalam bahasa Inggris berasal dari huruf-huruf pertama mata angin, north, east, south, dan west? Jadi "news" dimaksudkan menunjukkan bahwa informasi dikumpulkan dari semua penjuru dunia.

Asal nama kota Buffalo di negara bagian New York, AS sama sekali tidak ada hubungannya dengan kerbau atau hewan ternak lainnya, melainkan kesalahan orang Amerika melafalkan nama yang diberikan oleh penjelajah Perancis beau fleuve yang berarti sungai yang indah

Pada 1984, Jeff Bezos ingin menamai usahanya di internet "Cadabra", seperti dalam "abracadabra" - atau "sim salabim". Tetapi pengacaranya meyakinkannya bahwa dalam bahasa Inggris nama itu kedengaran mirip sekali dengan "jenazah" (cadaver). Akibatnya, Bezos mengambil pilihan yang kedua, Amazon.com.

Perguruan tinggi pertama yang menggunakan istilah kampus untuk merujuk pada tanahnya adalah Universitas Princeton. Kata ini berasal dari bahasa Latin, yang berarti lapangan.

Ensiklopedia pertama muncul di masa Yunani kuno

Edgar Allan Poe Edgar Allan Poe menciptakan jenis tulisan cerita detektif. Sebelum ia menulis The Murders in the Rue Morgue dan The Mystery of Marie Rogêt, genre ini sama sekali tidak dikenal dalam sastra Inggris maupun Amerika.

Bangsa Eskimo mempunyai dua puluh kata untuk menyebut salju

Ketika ia masih hidup, nama keluarga William Shakespeare ditulis dalam 83 cara yang berbeda. Shakespeare sendiri mengejanya dalam 10 cara.

Pada 1871 Ratu Victoria dan rakyatnya mengirimkan berpeti-peti buku ke kota Chicago? Novelis Inggris Thomas Hughes ikut mengatur buku-buku itu, yang kemudian menjadi cikal-bakal perpustakaan pertama kota tersebut.

Kata Bulan yang berarti satelit alami Bumi selain digunakan dalam bahasa Melayu dan bahasa Jawa juga digunakan dalam bahasa Kapampangan, bahasa Ilokano dan bahasa Cebuano di Filipina.

Tentang perbedaan antar bangsa :
Orang Indonesia berkeringat karena makan.
Orang Jepang berkeringat karena bekerja. (keringat kita sedap, keringat Jepang pasti penguk)
Lelaki Indonesia jika pipis, tangan kiri pegang burungnya.
Orang Jepang pipis, tangan kanan pegang cocakrowonya.
(jika pegang tangan kiri kanan, pasti amat sayang pada burungnya)
Orang Indonesia mengupas buah/sayur dari arah dalam tubuh ke luar tubuh.
Orang Jepang/bule, dari luar tubuh ke arah dalam tubuh.
(orang kita awas pada musuh, orang sana rakus, kulitpun disimpannya).
Orang Jepang: Sisa makanan didaur ulang jadi kripik dijual di Indonesia.
Kaleng bekas didaur ulang jadi onderdil mobil dijuaal di Indonesia.
Ban bekas didaur ulang adi kondom, dijual di Indonesia.
Untung, orang Indonesia: Kondom bekas didaur ulang lalu dijual di Jepang.

Dalam waktu 50 tahun setelah Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak pada pertengahan abad ke-15, lebih dari 6 juta buku diterbitkan dengan topik di bidang hukum, sains, puisi, politik, dan agama.

Ini cerita lain dari Ryan, si jagal dari Jombang. Di penjara dia mendapat surat dari ayahnya. “Le, kamu dipenjara. Sekarang, siapa yang membantu pakne nyangkul di ladang buat nanam ketela pohon di lahan belakang rumah?”. Se hari kemudian Ryan membalas surat bapaknya. “Pak jangan dicangkul. Aku mengubur banyak mayat di lahan itu?” Surat-surat mask dan keluar ke dan dari Ryan selalu melalui sensor aparat. Esoknya banak polisi dan tukang gali ramai-ramai menggali dan mencangkuli lahan belakang rumah Ryan. Nyaris tak bersisa. Tetapi tidak ditemukan mayat. Bapaknya kirim surat lagi pada Ryan. “Le, kemarin banyak polisi menggali halaman belakang rumah kita. Aku jadi takut menanam ketela.” Ryan langsng menjawab surat bapaknya, “Tanam aja pak, tanpa kubantu, kan sudah dibantu polisi nyangkul di ladang. Kalau panen, aku dikirim singkongnya ya, pak….” Pihak polisi yang menyensor surat itu langsung mencari Ryan, lalu Ryan diberinya bogem mentah tanpa babibu.

pada 1811 Louisiana menjadi negara bagian pertama di Amerika Serikat yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya? Baru 109 tahun kemudian Nebraska mengikuti langkahnya.

Yongle dadian adalah sebuah ensiklopedi dari masa Dinasti Ming di Tiongkok. Ensiklopedi ini terdiri dari 22.937 bab, dengan 10.000 volume. Lebih dari 2000 sarjana Tiongkok mengerjakan buku ini selama lima tahun.

Koleksi Perpustakaan Umum New York bertambah sekitar 10.000 buku, rekaman, dsb. setiap minggunya, dalam puluhan bahasa

Perpustakaan Umum Chicago di Amerika Serikat adalah perpustakaan umum terbesar di dunia, dengan koleksi sebanyak 2 juta buku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar