Apa yang ingin anda ketahui

Powered By Blogger

Minggu, 20 Desember 2009

Wawasan Luas I

Yang Perlu Diketahui Menambah Wawasan Luas

- Satu-satunya orang yang pernah menjadi ketua PBB adalah Soekarno/Bung Karno Beliau diangkat menjadi Ketua PBB karena berdirinya Bank Dunia FED di AS, harta modal dasarnya berasal dari aset raja-raja nusantara yang dulu ditilep penjajah Belanda. Belanda kalah perang melawan Jerman, hartanya dirampas Jerman dan pada PD II, Jerman kalah melawan AS, AS membawa harta itu sebagai pampasan perang. Sampai saat ini, tidak ada jabatan Ketua PBB selain Bung Karno, yang ada hanyalah Sekjen.

- IQ atau daya tingkat kecerdasan takkan berubah sampai seseorang dewasa kecuali bila ada sebab-sebab kemunduran fungsi otak seperti, ketuaan, kecelakaan, dll. Menentukan IQ sejak dini adalah pada saat ia mulai pandai berkata-kata. Ada hubungan langsung antara kesanggupan bahasa seseorang dengan IQ-nya.
Tingkatan IQ menurut para ahli, adalah sebagai berikut :
GENIUS HAMPIR DI ATAS >140
SANGAT SUPER 120 -- 140
SUPER 110 - 120
NORMAL 90 - 110
BODOH 80 - 90
PERBATASAN 70 - 80
MORON (DUNGU) 50 - 70
IMBECILE 25 - 50
IDIOT 0 - 25

- Di daerah tropis, hanya dialah satu-satunya puncak gunung yang bersalju. Puncak ini merupakan salah satu dari 7 puncak gunung yang paling terkenal di dunia karena keindahannya dan sulit didaki. Puncak itu bernama Carsenzs Pyramide, berada di gunung Jayawijaya negara Indonesia.

- Gunung Kinabalu setinggi 4101 m, adalah yang tertinggi di pulau Kalimantan. Ada 3 negara di pulau ini, yakni Indonesia, Malaysia dan Brunai Darussalam. Gunung Kinabalu masuk wilayah Malaysia.

- Pelangi merupakan lengkungan warna spectrum di langit dimana matahari se arah dan berhadapan langsung dengan titik air yang sinarnya mebgenai titik itu secara tegak lurus. Hal ini merupakan pemantulan dan pembiasan sinar matahari.

- Suatu lintasan terkenal yang menghubungkan Afganistan, Pakistan dan kawasan Timur lainnya menjadi jalan padang pasir yang indah di ghunung Sulaiman dan gunung Khirtar. Dulu kawasan ini pernah dijelajahi para petualang beberapa abad yang lalu seperti bangsa Yunan I, Mongol, Tartar, Rusia dan IOnggris. Nama lintasan itu badalah Khyber.

- Gerhana matahari total 11 Juni 1983 yang tampak di Indonesia merupakan sumber cahaya matahari yang terhadang sumber lain yang tak tembus cahaya (bulan). Daerah lintas yang hanya selama 7 menit, akan mengalami gerhana kembali setelah 269 tahun lagi.

- Setiap hari terjadi ledakan petir di seluruh dunia. Para peneliti mendapati bahwa dalam setahun terjadi 10 liliar ledakan petir. Jadi dalam 1 hari terjadi 25 juta kali ledakan petir. (PAdahal tiap hujan hanya terdengar 5 kali petir hehehe)

- Cuaaaca adalah kondisi atfosferik pada suatu tempat pada saat tertentu. Sedangkan angina adalah campuran gas yang menyelimuti bumi dan membentuk atmosfir bumi, terdiri atas 78% nitrogen dan 21 oksigen.

- Titik Nadir adalah titik terendah suatu tempat yang mulai bergerak menuju cakrawala. Adapu lawan titik Nadir adalah Titik Zenith.

- Bagdad Batery merupakan salah satu artifak kuno yang paling membingungkan para ilmuan maupun arkeolog. Pada tahun 1930 ditemukan sebuah artifak yang diduga satu set baterai kimia yang usianya mencapai 2000 tahun lebih! Arifak aneh tersebut terdiri atas sebuah silinder tembaga, batang besi serta aspal yang disusun sedemikian rupa dalam sebuah jambangan kecil (tinggi 14 cm, diameter 8 cm) yang terbuat dari tanah liat. Para peneliti berhasil memperoleh 1.5 voltmeter dari artifak batu baterai elektrik tsb, yang bekerja nonstop selama 18 hari dengan cara memasukkan cairan asam ke dalam jambangannya.

- Ada 3 sungai panjang di dunia yang melebihi 6200 km. Mereka adalah sungai Missisipi di Amerika, sungai Amazon di Amerika Utara dan sungai Nil di Afrika . Yang paling panjang adalah sungai Nil sepanjang 6692 km.

- Teratai adalah bunga yang dalam kepercayaan Budha merupakan lambing cinta kasih. Bunga ini bersal dari India. Warnanya beraneka dan hidup di atas air.

- Bentuk tubuh seksi sangat menarik. Tetapi di awal XIX orang lebih suka pada bentuk tubuh dengan dada tegak dan pantat menonjol seperti gitar. Bentuk tubuh demikian disebut Bentuk S.

- Patung Daud yang dibuat Michaelangelo di Italian ini pernah diserang sebanyak 2 kali oleh orang-orang yang berwajah buruk. Alasannya, patung Daud dibuat dengan menggunakan marmer ini berwajah sangat tampan dengan tonjolan-tonjolan sempurna.

- Di dunia ini ada banyak suka bertubuh cebol. Mereka merupakan suku Kate atau Pigmi. Tingginya rata-rata hanya 120 meter. Biasanya mereka hidup menggerombol di Amerika Latin dan Afrika. Di Afrika mereka hidup di daerah Negrillo dan Negrito, sedangkan di Amerika di Negara Kolombia.

- Emas putih dari benua Afrika berupa gading gajah, sebab dari benua ini gading gajah berukuran lebih besar sehingga indah jika dihias dan diukir. Di aaaaAfrika gading gajah dianggap memiliki kekuatan dan dipakai dalam upacara ritual. Namun sejak bangsa Eropa mengkomersialkannya, bangsa Afrika menjadi budak pemburu gading gajah.

- Cintanya ditolak oleh sang ratu, maka pria ini lari dari Inggris dan bermukim ke Amerika. Untuk membuktikan cintanya kepada sang ratu, maka pria ini membangun kota yang di Amerika dan menamai kota ini Virginia, sesuai dengan nama sang ratu, Elizabeth Virgin.

- Hamburger sebenarnya termasuk junk food, makanan sampah. Bahan pokonya aberupa roti, selada, daging cacah dan dibentuk bulat berdiameter sekitar 4 cm. Makanan dari Jerman ini menjadia santapan paling kondang di Amerika.

- Kaum Hispanik merupakan salah satu mayoritas pendudu di AS. Mereka teridiri dari 3 negara yaitu Meksiko, Kuba dan Puerto Rico. Penduduk ini menduduki kelas 2 di AS karena ketidakmampuannya berbahasa Inggis. Kaum Hispanik ini merupakan ras keturunan Spanyol.

- Suatu decade dimana kebudayaan mengalami pembaharuan. Diawali di Perancis, decade ini sekali berubah hamper seluruh benua Eropa mengikuti, utamanya dalam penggunaan mesin-mesin industri. Dekade ini dinamai Renaissance.

- Mobil VW adalah produksi maestro Ferdinan Porsche dibuat atas perintah Hittler untuk rakyat Jerman. Namun diminta menjadi mobil militer yang harus melintas gurun pasir dan hawa dingin Rusia untuk menyerang Negara itu. Pabriknya berada di kota Wolksburg, di Jerman nama VW dikenal sebagai Beetle.

- Pelatih anjing menyuruh anjing latihnya dengan aba-aba. Jika anjing ddisuruh berdiri, perintahnya adalah ‘berhenti’. Aba-aba untuk melacak penjahat adalah ‘cari’.

- Dulu, para budak Eropa mengantar, mengajari dan melindungi anak majikannya ke sekolah, sehingga mereka dijuluki ‘pemimpin anak-anak’. Sekarang cara jitu itu disebut ilmu pedagogi, yakni ilmu seni mengajar secara tersusun dengan arah tujuan atas azas dan metode yang diterapkan di sekolah-sekolah untuk tujuan pendidikan.

- Pada masa Puritan beberapa abad lalu di Inggris, masa itu sempat membuat pola peperintahan maupun tata kehidupan di Inggris berubah. Banyak teather dan tempat pertunjukan ditutup akrena menurut kaum Puritan tempat itu adlah sumber kemaksiatan. Kaum Puritan adalah kelompok agama Katholi yang berjuang bagi kemurnian agamanya.

- Jika di Eropa Negara Monaco terkenal sebagai Negara judi. Di Asia juga ada negara judi yakni Macao. Letaknya dekat Hongkong, 3 jam naik perahu. Penguasanya berpangkat gubernur. Negara ini merupakan koloni Portugal.

- Duke Edinburgh’s Award adalah organisasi di bidang social bagi remaja penggemar petualang. Digagas dan didirikan oleh Pangeran Phillip dari Inggris yang suami sang Ratu Inggris, oraganisasi ini punya 60 negara anggota.

- Dalam kisah Cinderella sebelumnya, sepatu Cinderella terbuat dari bulu tupai berwarna putih dan abu-abu. Bahasa Perancis untuk kata bulu adalah ‘vair’. Namun salah mengeja menjadi verre, yang bunyinya sama dengan ‘vair’, namun berbeda artinya yaitu ‘kaca’. Sejak itulah anak-anak sedunia membayangkan ada sebuah sepatu kaca yang berkilauan yang tertinggal di atas tangga istana, dan mereka terheran-heran mengapa mereka tidak pernah melihat sepatu seperti itu dalam kenyataannya.

- Kalender tertua dibuat tahun 4245 SM di jaman Mesir kuno. Tahun 3529 SM raja Numa Pompilius dari Romawi membuat tanggalan model baru yang menjadi acuan kalender hingga kini.

- Ukuran perhitungan waktu dihitung berdasarkan perputaran bulan, bumi dan matahari. Dalam 1 hari bumi beredar 360 derajad pada sumbunya. Bulan mengelilingi bumi dalam 30 hari dan bumi mengelilingi matahari dalm 365 hari. Dalam 1 jam bumi beredar pada sumbunya hanya 15 derajad.

- Mohandas Gandhi (1869-1948) pejuang India, baru berjuang untuk negaranya tahun 1915. Sebelumnya ia berjuang bagi persamaan hak di Afrika. Senjata utamanya adalah Trias Politika. Ini mengantar India merdeka dari Inggris. Ia mendpat gelar Mahatma yang berarti Pemimpin yang arif dan suci.

- Bangunan kuno di Inggris yang merupakan benteng dan istana raja, bentuknya menara-menara, dikelilingi oleh tembok tinggi dan parit. William Sang Penakluk adalah pemulai pembangunan gedung-gedung ini. Satu bangunan termegah menyimpan mahkota raja-raja Inggris bernama Tower of London.

- Presiden AS Goerge Washington adalah presiden yang memindahkan ibukota AS dari Philadelphia ke Washington. Arsitek pembangunan kota Washington adalah pria kulit hitam bernama Benyamin Benneker.

- Di Perancis, ada suatu museum piramide kaca yang diarsiteksi orang orang Amerika keturunan China, IP Pei. Namanya piramide kaca itu adalah Pyramide Louvre. Pei mengubahkan bangunan istana kuno yang sudah berdiri 8 abad sebelumnya. Di museum inilah lukisan terkenal Monalisa karya Leonardo da Vinci disimpan.

- Banayak serdadu Amerika yang tewas ketika perang melawan Vietnam, sehingga dibuatlah sebuah monument peringatan di Washigton DC. Di monument itu tertulis 58.156 orng serdadu AS korban perang Vietnam terukir disana. Tugu ini juga karya arsitek wanita keturunan China Maya Ying Lin, dibuat tahun 1982 dan diberi nama Vietnam Veteran Memorial

- Kini ada dua (2) menara miring di Eropa. Yang satu menara Piza di Italia dan sebuah menara di Inggris bernama Big-Ben. Sebab utama miringnya menara ini karena pembangunan kereta api bawah tanah, Jubilee Line yang galiannya hanya berjarak 27 meter dari menara. Adapun keistimewaan menara ini adalah adanya 4 buah jam besar untuk waktu seluruh dunia.

- Istana Kremlin adalah symbol kekuasaan dan kekuatan Rusia. Bangunan ini dapat berfungsi sebagai benteng, museum, gereja, sanggar seni, pusat pemerintahan dan arena berpolitik. Dibangun abad 14 oleh Tsar Nicholas dipersembahkan untuk isteri tercintanya,, permaisuri Alexandra.

- Air yang direbus mendidih akan menguap. Jika uap ditampung, ia mengembun. Jika embun menetes dan ditampung lagi, maka air ini disebut air murni.

- Kuda juga suka menggigit, padahal kuda suka dibelai. Agar tidak digigit kuda, orang perlu melumuri tangan dengan cairan minyak tanah yang baunya tidak disukai kuda.

- Banyak kabel yang melintang di jalanan di berbagai sudud kota dan desa. Kabel itu bernama Overhead Cables. Adapun kabel yang tahan terhadap air laut dan dipakai untuk lintas pulau sebagai kabel bawah laut disebut submarine cables.

- Uang kertas tidak mudah rusak meski dilipat berkali-kali, masuk keluar dompet, berpindah tangan bahkan tercuci. Bahannya terbuat dari kapas murni, diberi water merk ditambah benang pengaman. Menurut standart, uang kertas dapat dipakai sebagai uang kertas jika bisa dilipat hingga 3500 kali dan belum rusak.

- Sebuah pulau di Karibia benama Pulau Barbados, terletak di selatan Suriname AS, terkenal dengan tari Limbonya. Pusat kotanya bernama Bridgeton. Dipandang dari laut, pohon-pohon di daratan pulau itu tampak mirip janggut di dagu, sehingga pulau itu disebut pulau janggut.


- Hanya Soviet yang punya ‘Hari Pengawal Perbatasan’ pad tanggal 28 Mei. Namun pada tahun 1987, dua jendral Soviet terpaksa dipecat oleh Gorbachev, pemimpin Soviet. Ini tak mengherankan, sebab tepat pada hari pengawal perbatasan, sebuah pesawat Cessna 172 B yang kecil, mampu mendarat di lapangan Merah. Penumpangnya seorang pemuda Jerman bernama Mathias Rust. Ia berangkat dari Helsinki sehingga ia langsung diangkat sebagai pahlawan penembus benteng pertahanan udara yang mampu menembus radar, rudal atau pesawat penyergap pelindung keamanan Rusia.

- Gladiator bukan cuma menjadi tontonan, namun juga dapat menjadi jenjang karir. Ini dibuktikan oleh Commondus Lucius Aelius Aurelius (161-192 Masehi). Bermula dari seorang gladiator, ia merintis karir, dan akhirnya sukses menjadi seorang kaisar Romawi. Riwayat karirnya meliputi 1.031 pertandingan. Setelah menjadi kaisar pun ia masih tetap bertarung di arena. Karir politik dan olah raganya berakhir sekaligus, ketika dalam suatu pertandingan seorang gladiator yang bernama Narcissus mencekiknya hingga tewas.

- Karena informai yang simpang siur, banyak orang menyangka bahwa tabrakan antara sebuah komet misterius dengan planet Jupiter, akan berpengaruh sangat buruk pada kondisi bumi. Komet misteius ini pertama kali ditemukan oleh sepasang suami isteri asal Jerman, Schumacher Levy, sehingga komet itu akhirnya diberi nama Schumacher Levy-9.

- Pesawat ulang Chellenger alik yang baru meluncur 73 detik dari landasan meledak. Pesawat itu diluncurkan dan meledak pada 26 Janusari 1986.

- Star Wars bukan hanya judul film saja. Presiden Ronald Reagen menyiasati program pertahanan militer AS dengan agar tidak kalah dengan Soviet dengan mencanangkan Star Wars, yakni program pertahanan yang berpangkalan di angkasa luar. Orang Indonesia pintar juga. Program AS Star Wars itu diindonesiakan dengan nama Kartika Yudha atau perang bintang.

- Hittler minta dibuatkan oleh ilmuwan Werner von Braun sebuah senjata roket V2 yang mampu menghancurkan London pada Perang Dunia II. Namun Werner lebih tertarik pada tehnologi ruang angkasa. Jerman tidak memberi akses dana dan kesempatan mengembangkan roket luar angkasa. Werner akhirnya minta suaka ke AS. Pembelotannya ke AS membuahkan sukses dengan meluncurkan Appolo 11 ke bulan dengan Neil Amstrong sebagai pilotnya. Presiden AS memberinya gelar Bapak NASA.

- Sebagai anggota ICAO atau international Civil Aviation Organization, seluruh pesawat udara Indonesia yang beroperasi, mendapat huruf identitas Negara PK.

- Sir Rowland Hill tahun 1840 yang berprofesi sebagai guru di Inggris. Tetapi ia menang lomba desain perangko dari sekitar 2600 persaing. Maka lahirlah revolusi system pembayaran dalam pengiriman surat. Perangko pertama diberi nama The Penny Black dengan gambar Ratu Victoria.

- Orang tahu bahwa Golden Triagle merupakan jaringan jalur narkotik terbesar di dunia dan berada di perbatasan tiga Negara, yakni Thailand, Myanmar dan Laos.

- Hutan Amazon pindah ke Washington DC AS di Smithsonia Zoological Park. Tetapi ini hanya tiruan belaka karena taman bernama Amazonia ini dibangun persis seperti hutan Amazon dengan harapan agar terjadi penyatuan seluruh aspek kehidupan alami di bumi, terutama bagi binatang yang hidup di kebun binatang ini.

- Sebuah perusahaan AS dan Indonesia bekerjasama menanam pohon eukaliptus perngahsil kertas tisuue seluas 8000.000 ha di Papua. Namun perusahaan ini diprotes LSM-LSM di seluruh dunia hingga akhirnya gagal berdiri. Protes ini didasari bahwa eukaliptus adalah pohon penyerap air yang akan membuat Papua menjadi kering karena pohon ini menyerap banyak sekali air. Jika perusahaan itu jadi berproduksi, dipastikan pohon ini menghancurkan lingkungan manusia dan habitatnya.

- Daun dan bunganya hampir sama, tipis seperti kertas, sehingga orang Inggris menyebutnya paper flower. Bunga ini diberi nama sesuai dengan nama penjelajah Pasific pertama Louis Antoine de Bougainville yang menjelajah dari pulau Malvinas ke kepulauan Solmon. Bunga ini dibawa oleh Bougainville dari tempat asalnya di Brazil, dan ia menyebarkannya ke seluruh dunia.

- Banyak kapal karam di perairan Indonesia, padahal kapal itu membawa harta yang sangat buanyak. Karena terbiarkan lama, ada orang bule yang jagoan mencuri barang-barang dari kapal karam, namanya Michael Hatcher. Ia menemukan banyak harta karun di kapal karam De Geldermalsen. Karenanya, untuk menyelamatkan harta di bumi Indonesia, dibentuklah Panitia Nasional tentang Pengangkatan dan Pemanfaatan Barang Berharga Asal Muatan Kapal Tenggelam. Hingga sekarang, apa yang bisa diambil oleh panitia ini, nyatanya gelap, entah dapat atau tidak, entah dikorupsi, enggak tahulah!

- Penyelam pencari barang dari kapal tenggelam kelas dunia, Jean Jacques Cousteau diberi julukan ‘paus’. Penguasaan penyelamannya juga dijabarkan dalam film-film bawah laut yang meraih 3 orcar dan 3 Emmy Award. Ia juga mampu menemukan ladang minyak bawah laut. Bahkan ia juga seorang ilmuwan bawah laut dengan ilmunya ‘arkelogi bawah laut’.

- Penemu bayi tabung adalah Mendel, seorang Austria yang memulai penelitiannya di kebun belakang rumahnya. Padahal sebelumnya, ia bertekad hanya sebagai guru, bukan seorang dokter. Atas jasanya, ia kini disebut sebagai Bapak Genetika.

- Bandara Soekarno Hatta Jakarta, bandara Polonia Medan dan beberapa bangunan gedung lain, arsitekturnya menggunakan tehnologi pondasi cakar ayam. Tokohnya penemu cakar ini dalah Prof ir RM Sedyatmo, orang Solo yang meninggal pada 15 Juli 1984.

- Leonardo da Vinci bunkan hanya seorang pelukis yang melahirkan karya lukisan legendsaris Monalisa. Da Vinvi bukan hanya peluis, tetapi juga seorang desainer dan pelopor bidang pertahanan dan penerbangan. Selain menciptakan desain helicopter, Da Vinci juga pencipta desain bidang pertahanan perang yakni Tank.

- Dalil matematika yang berbunyi C2 = A2 + B2 adalah dalil untuk mengukur luas suatu segitiga. Dalil ini dipercaya sebagai penemuan luar biasa berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Itulah dalil Pythagoras.

- Jika seorang tenggelam dalam air, maa organ tubuhnya akan enuh air, termasuk paru-parunya. Orang dapat menahan nafas sebelum paru-paru peuh air dalam jangka waktu anytara 5-10 menit.

- Di negara barat orang berusaha untuk menuntut hak untuk mati apabila memang penyakit yang diderita pasien sudah tidak mungkin diobati lagi. Alasannya untuk mengurangi pasien mendeita kesakitan. Mati tidak diertai rasa nyeri dan tanpa menderita dalam ilmu kedokteran disebut euthanasia.

- Orang yang menemukan pencakokan jantung pertamakali, dr Christian Barnard tidak pernah mendapat hadiah nobel. Ia menolak karena sungkan terhadap bencana kelaparan dan kesehatan orang miskin di dunia.

- AS suka campur tangan politik dalam negeri negara lain. Tahun 1989 AS meninvansi Panama dan menuduh jendral penguasanya terlibat penyelundup narkotik dan penjahat kokain. Akhirnya jendral Manuel Antonio Nuriega ditangkap dan dipenjara di AS hingga matinya.

- Seorang paus, yakni Paus Johannes Paulus II, ditembak mati di St.Petrus Vatikan dalam sebuah mobil jib putih terbuka. Tubuhnya dihujni 3 pelor peluru oleh sorang Turki bernama Mehmet Ali Agca.

- Para selebriti sangta dipengaruhi penampilannya jika susdah memakai produk kulit Gucci. Usaha kulit kelas dunia ini dirintis oleh Guccioc Gucci akhirnya menurun setelah anak cucunya berebut warisan. Banyak anak- cucunya yang tewas ditembak, diantaranya pewaris turunan III, Maurizio Gucci ditembus timah panas di depan kantornya sendiri.

- Banyak presiden AS yang terlibat skandal. Jika Nixon terlibat skandal politik water gate yang difilmkan dalam film All the Presiden Man, mantan presiden Clinton juga terlibat skandal ekonomi. Mantan gubernur Arkansas ini mendirikan perusahaan real estate dengan teman-teman istrinya. Sayangnya perusahaan itu bangkrut, padahal Clinton membiayanya dengan uang negara sehingga Clinton tersandung kasus white water.

- Sekte agama berkembang pesat di dunia. Merka yakin, kiamat segera tiba. Mereka ingin mendahului kiamat agar bisa lebih dulu masuk surga dan nggak perlu desak-desakan dengan umat dunia. Caranya dengan bunuh diri massal. Jim Jones di Guyana, 913 orang pengikutnya dengan suka rela minum sianida. Timothy Mc Veigh meledakkan mobilnya di Oklahoma, sebagai balas dendam kepada FBI atas terbunuhnya pemimpin mereka David Korehs yang diserang FBI. Korehs adalah pemimpin sekte Ranting Daud yang juga akan melakukan bunuh diri bersama murid-muridnya, tetapi kedahuluan diserang FBI.

- Sekolompok anti pemerintah pernah merebak di AS. Norm Olson adalah nama pemimpinnya. Salah seorang anggota kelompoknya mengirim faksimili lewat computer internet yang mengancam peledakan gedung di Oklahoma. Dua jam kemudian, gedung Alfred Murrah di Oklahoma meledak tepat seperti ancaman. Kelompok yang dipimpin Norm Olson ini bernama Militan Michigan.

- Gara-gara menghindari pajak, aktis dunia Sophia Loren lari ke AS. Tetapi karena rindu kampong halman, ia rela masuk penjara asal bisa pulang ke negaranya sendiri di Italia. Padahal pajak yang belum terbayar merupkan pajak dari lukisan-lukisan terkenal yang berharga mahal, termasuk perhiasan super mewah dari artis kaya raya itu.

- Pecandu artis seperti John W Hinckey begitu cinta mania kepada artis Yudie Foster, artis pemeran pelacur cilik dalam film Taxi Driver. Saking cintrongnya, ia jadi gelap mata. Untuk menarik perhatian Yudie Forter kepadanya, Hinckey menembak presiden AS Ronald Reagen. Pak presiden bisa terhindar dari serangan, tetapi menteri penerangan AS James Brandy terluka serius akibat tembakan Hinckey meleset mengenai Brandy.

- ‘Saya hanyalah anjingnya Mao. Jika ia menyuruh menggigit, sayapun menggigit’. Kata-kata ini diucapkan oleh Jiang Qin, isteri kedua Mao Ze Dong, pemimpin China kala itu. Jiang Qing adalah salah satu dari kelompok empat tokoh revolui kebudayaan China yang sangat membela Mao.

- Annelis Wengerer seorang wanita yang membuat legenda hebat di tahun 1972. Untuk menolong suaminya melarikan diri dan membebaskan dari penjara Italia, ia hanya menggunakan mobil dan bekerja seorang diri. Saat sang suami sedang terbaring di rumah sakit, ia membawa lari suaminya dari Italia ke Jerman. Pelarian ini menggegerkan dunia karena suaminya, Herbert Keppler adalah seorang penjahat perang Nazi yang bertanggung jawab terahadap kematian 330 orang Italia. Ia ditangkap di Inggris dan diserahkan ke Italia untuk menjalani hukuman seumur hidup. Akhirnya mereka diliondungi pemerintah Jerman sampai meninggal secara wajar.

- Orang mengenal Pablo Escobar sebagai penguasa kartel Medellin di Kolombia. Ia juga terkenal sebagai Al-Capone Amerika. Pemerintah Kolombia dan AS mengincarnya dengan tuduhan sebagai pengedar narkotik terbesar dai Kolombia.

- Gerombolan mafia Italia sangat terkenal kejam. Mafia Sicilia yang berlindung di balik Brigade Merah, membunuh Aldo Moro, mantan PM Italia yang statusnya saat itu adalah Pimpinan Partai Kristen Demokrat. Ia terbunuhn saat pemerintahan PM Giulio Andreotti tahun 1978. Sebagai mafia, mereka dengan mudah mengatakan bahwa PM Andreotti yang menyuruh mereka membunuh Aldo Moro.

- Wanita menjadi tokoh politik dan pemimpin pemerintahah adalah sudah biasa. Wanita menjadi penjahat juga sudah biasa. Tetapi Phoolan Devi bukan wanita biasa. Ia dijuluki Ratu Bandit yang terlibat dalam 55 kasus tindak kriminal dan dipenjara 10 tahun di India. Selanjutnya ia menjadi tokoh politik yang mewakili kaum Mallah, sebuah komunitas pelaut dari kasta terrendah.

- Bajak laut terkenal paling kejam, Eduard Teach yang dijuluki Bajak Laut Jenggot Biru, membuang15 oarang anak buahnya di sebuah pulau gersang yang penuh ular berbisa. Mereka hanya dibekali sebotol minuman keras untuk setiap orangnya, dengan harapan jika mabuk mereka akan saling bunuh. Ternyata sebulan kemudian mereka masih tetap hidup bahkan saling bernyanyi dengan gembira di pulau The Dead Man’s Chest.

- Tahukah anda bahwa jika anda berteriak terus menerus selama 8 tahun, 7 bulan dan 6 hari, energi yang anda keluarkan akan cukup untuk memanaskan secangkir kopi.

- Jika anda kentut secara konsisten selama 6 tahun 9 bulan, akan menghasilkan gas yang cukup untuk menciptakan energi yang diperlukan dalam membuat bom atom.

- Durasi orgasme seekor babi dapat mencapai 30 menit lamanya.

- Membenturkan kepala ke tembok menghabiskan 150 kalori setiap jamnya.

- Stewardesses adalah kata terpanjang yang dapat diketik di keyboard hanya dengan menggunakan tangan kiri Anda. Sedangkan untuk tangan kanan, lollipop adalah yang terpanjang.

- Air pasang tertinggi terjadi pada gerhana matahari, karena ada dua objek besar yang punya pengaruh gravitasi terkuat (matahari dan bulan) yang menariknya ke atas (ke satu sisi belahan bumi saja). Jadi ketinggian air laut akan bertambah beberapa dm bahkan meter.

- Di seluruh dunia dalam satu tahun dapat menghasilkan benang sutra, jika diuntai menjadi satu panjangnya mencapai 112.700.000.000 kilometer (112,7 milyar km). Jika diuntai menjadi satu, maka benang sutra ini panjangnya sama dengan perjalanan pulang-pergi dari matahari ke bumi sebanyak 300 kali perjalanan!

- Saat tidur, tubuh memproduksi hormon vasopressin yang menghambat pengeluaran urine sehingga orang bisa tidur nyenyak tanpa terganggu harus ke kamar kecil, kecuali kebelet banget.

- Famili mawar tidak memiliki gen penghasil pigmen merah. Warna merah cerah adalah hasil mutasi genetika sekitar tahun 1930, yang akhirnya menghasilkan mawar berwarna merah menyala seperti yang ada sekarang.

- Agar dapat menghitung seluruh bintang di langit yang tertangkap oleh mata saat langit benar-benar cerah, dibutuhkan waktu lebih dari 300 tahun jika Anda menghitung 1 detik untuk sepuluh bintang tanpa henti!

- Jika minum segelas susu pada malam hari, akan membantu tubuh lebih santai dan tidur semakin nyenyak. Susu banyak mengandung hormon tryptophan yang dapat menimbulkan rasa kantuk dan membantu tidur lebih nyenyak.

- Sleep paralysis merupakan kondisi dimana otot-otot motorik membangunkan orang secara tiba-tiba namun otak belum siap untuk bangun, hingga meski sadar telah terjaga, tetapi tidak mampu menggerakkan tubuh.

- Organ paling kompleks di tubuh manusia selain otak adalah mata. Dalam biji mata terdapat dua juta lebih bagian kecil yang membantunya bekerja. Dengan komponen itu, mata dapat memproses 36 ribu data tiap jam! Rata-rata mata mampu mengenali sekitar 24 juta gambar. Mata tidak pernah istirahat. Saat tidur, hanya kelopak mata yang istirahat.

- Setiap hari orang berkedip sebanyak kira-kira 15.000 kali tanpa disadari. Tujuan mata berkedip melindungi bola mata, membasahi permukaan mata yang mongering dan gambaran emosi perasaan seperti cemas, jatuh hati dll.

- Jika sakit dan masuk angina, tubuh jadi pegal linu adalah karena pembuluh darah menyempit sehingga peredaran darah menjadi kurang lancar. Akibatnya, hasil metabolisme dan asam laktat terkumpul dalam otot yang mengakibatkan tubuh terasa pegal.

- Nama orang paling panjang yang pernah dicatat adalah Napuamahalaonaonekawehionakuahiweanenawawakehoonkakehoaalekeaonanainanainakeoa-Hawaiikawao (94 huruf) ini adalah nama Miss Dawn N. Lee yang diberi nama demikian di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat, pada bulan Februari 1967. Namanya mengandung arti 'Bunga yang melimpah-limpah dan indah dari pegunungan dan lembah yang mulai mengisi udara dengan keharumannya sampai seluruh Hawaii.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar