Apa yang ingin anda ketahui

Powered By Blogger

Minggu, 27 Desember 2009

Pengetahuan Segala Sesuatu 3

Rata-rata tubuh manusia mengandung cukup besi untuk membuat 8 cm paku, belerang untuk membunuh semua kutu pada seekor anjing, karbon untuk 900 pensil, kalium untuk menembakkan meriam mainan, lemak untuk 7 batang sabun, fosfor untuk membuat 2.200 batang korek api, dan air untuk mengisi tangki 38 liter

Juliette Gordon Low, yang diilhami oleh gerakan kepanduan putranya Lord Baden-Powell, mendirikan Pandu Putri di Savannah, Georgia, Amerika Serikat pada 1912. Regu pertamanya terdiri atas 18 anak perempuan, satu di antaranya adalah sepupu Low, Daisy.
Suhu udara tertinggi yang pernah dicatat di dunia adalah 58°C di El Azizia, Libya, pada 13 September 1922

Suhu terendah yang pernah dicatat di dunia adalah –89,44 derajat Celsius di Vostok, Antarktika, pada 21 Juli 1983

Setiap tahun ada 600.000 orang yang berkunjung ke Graceland di Tennessee yang merupakan kediaman Elvis Presley semasa hidupnya

Bulu chinchilla begitu halusnya sehingga 500 helai bulunya baru sama tebalnya dengan sehelai rambut manusia

mata kita berkedip setiap 2-10 detik. Sementara Anda memusatkan perhatian pada setiap kata dalam kalimat ini, mata Anda bergerak maju mundur 100 kali dalam sedetik, dan dalam setiap detik retina melakukan 10 milyar kalkulasi seperti komputer.

Bunga poinsettia yang banyak dijadikan hiasan pada masa Natal diberi nama menurut nama duta besar Amerika Serikat untuk Meksiko, Joel R. Poinsett yang pertama kali memperkenalkan tanaman ini ke AS

Cuma ada dua negara yang memiliki lebih dari satu zona waktu di benua Asia, yaitu Indonesia dan Mongolia.

Ketika menciptakan skalanya, Anders Celsius menetapkan 100 derajat sebagai titik beku, sementara 0 derajat sebagai titik didih. Baru setelah ia meninggal dunia, rekan-rekan ilmuwannya mengubah skala tersebut.

Setelah tiga minggu berlibur, IQ kita dapat berkurang hingga 20 persen

Hari Natal pertama dirayakan pada 25 Desember 440

Bila semua angka dari 1 hingga 100 ditambahkan (1+2+3+4+5 dst.) maka jumlah keseluruhannya adalah 5050

Bila semua angka di penampang rolet dijumlahkan, hasilnya adalah 666

Perempuan berkedip dua kali lebih banyak dari pada laki-laki

Ketika para pejabat di sebuah kota mencari sampanye pada 1927 untuk menyambut Charles Lindbergh yang baru kembali dari penerbangan bersejarahnya melintasi Samudra Atlantik, mereka tidak dapat membelinya, kecuali untuk obat atau kebutuhan keagamaan? Akibatnya para petugas polisi sibuk mencari surat keterangan dari beberapa gereja, kemudian kembali untuk membeli sampanye itu.
Dari 206 tulang pada rata-rata tubuh orang dewasa, 54 terdapat di tangan dan 52 di kaki
Kecepatan bersin dapat mencapai sekitar 250 kilometer per jamnya

Untuk mencukur janggut dan kumis, para astronot membutuhkan pencukur khusus dengan alat penghisap seperti penghisap debu, agar potongan rambutnya tidak beterbangan di ruangan hampa udara

Keringat tidak menghasilkan bau. Bakteri yang terdapat pada kulitlah yang menciptakan bau badan.

Bila kita tersenyum, kita menggunakan 17 otot di muka kita?"

Orang tak mungkin bisa bersin sambil tetap membuka kedua matanya

Jika seseorang dapat menutup hidung, mata, telinga, dan mulut saat bersin, orang itu akan merasa bahwa kepalanya meledak

Duel dianggap legal di Paraguay, dengan syarat kedua belah pihak terdaftar sebagai donor darah

Para pelukis Tiongkok kuno tidak akan pernah melukis kaki perempuan.
Gawang pertama yang diperkenalkan di Inggris adalah sebuah pintu gerbang salah satu istana di Inggris

Wisatawan pada umumnya menganggap WC di Amerika Serikat yang terbaik, sementara WC di Tiongkok, Timur Tengah dan bekas Uni Soviet umumnya dianggap yang terburuk
Kuku ibu jari (dalam gambar) lebih lambat tumbuhnya daripada kuku jari-jari tangan lainnya

Proses membalut mumi seringkali memakan waktu antara 6 hingga 8 bulan. Proses ini juga membutuhkan sejumlah peralatan khusus termasuk kait metal yang panjang yang digunakan untuk mengorek otak si mati melalui hidungnya."

Mata uang dengan nilai terbesar di dunia bukanlah poundsterling melainkan dinar Kuwait. Satu poundsterling bernilai sekitar Rp 18.000, sementara satu dinar Kuwait lebih dari Rp 30.000

Orang Inggris pada abad ke-16 dan ke-17 percaya bahwa orang yang berbaring di atas bulu angsa tidak akan dapat meninggal dengan tenang. Karena itu, ketika seseorang hampir meninggal, bantalnya akan segera diangkat untuk mempermudah keberangkatannya ke alam baka.

Menurut pengamatan para ahli medis, orang-orang yang gagap biasanya mampu berbicara biasa saja bila mereka sendirian atau berbicara dengan binatang peliharaannya

Di Romawi kuno, orang yang dilahirkan dengan hidung bengkok dianggap berbakat sebagai pemimpin

Operator telepon perempuan yang pertama adalah Emma M. Nutt, yang mulai bekerja untuk Telephone Dispatch Company di Boston, Amerika Serikat pada 1 September 1878? Sebelum itu, semua operator telepon adalah laki-laki.


Rodrigo de Triana adalah pelaut di kapal Pinta dalam rombongan Columbus yang pertama kali melihat daratan di benua Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492

Ketika pertama kali dibuka pada 1965 Houston Astrodome adalah ruangan berpendingin udara terbesar di dunia. Konon gedung 18 tingkat muat di dalam ruangan itu.

New York City di Amerika Serikat pernah mempunyai bioskop terbanyak di dunia, yaitu 986 buah

Di Kuwait City 15.000 pelanggan antre menunggu dilayani di restoran McDonald's ketika pertama kali dibuka pada 1994? Sementara itu, di drive-through, barisan mobil yang mengantre panjangnya hingga 11 km.

Benda hidup terbesar di bumi adalah sebuah jamur di bawah tanah di Oregon, Amerika Serikat. Panjangnya melintang sekitar 5,6 km.

Pohon-pohon Macrozamia di Australia adalah pohon-pohon tertua di dunia. Usianya diduga antara 5.000 hingga 7.000 tahun. Sebagian orang malah memperkirakan bahwa usianya sudah 15.000 tahun.

Industri parfum mempekerjakan teknisi khusus untuk menguji wewangian yang diciptakan. Mereka memiliki kecakapan untuk membedakan 19.000 jenis keharuman masing-masing dengan 20 tingkat intensitas.

Lift pertama di Inggris dipasang di toko serba ada Harrods pada 1878
Batas kecepatan kendaraan pertama kali diperkenalkan di Inggris pada 1903? Batas yang ditetapkan adalah 20 mil atau 32,19 km per jam.

Grand Rapids, Michigan adalah kota pertama di Amerika Serikat yang mencampurkan larutan fluor ke dalam saluran airnya pada 1945

Pada tahun 1975 Junko Tabei berhasil menjadi wanita pertama yang menaklukkan puncak Gunung Everest

Nelly Sachs adalah perempuan Yahudi pertama yang memenangkan Hadiah Nobel? Ia termasyhur karena puisinya tentang Holocaust.

Pantyhose yang dikenakan oleh kaum perempuan, berkembang dari gaya berpakaian laki-laki. Pada abad ke-14, laki-laki Eropa biasa mengenakan kaus kaki yang panjang ketika model tunik yang dikenakannya semakin pendek. Kaus ini digantikan oleh stoking pada abad ke-17, dan akhirnya oleh celana panjang. Pada 1960-an orang menciptakan pantyhose untuk kaum perempuan, meniru laki-laki pada Abad Pertengahan.

Pada Perang Saudara Amerika, tiba-tiba pasukan Negara Utara membutuhkan ratusan ribu pakaian seragam untuk tentaranya? Hal ini melahirkan industri pakaian siap pakai.

Ujian pengemudi diciptakan pertama kali di Perancis. Pada 1893, para pengemudi semua kendaraan yang digerakkan dengan mesin diwajibkan menempuh ujian yang terdiri dari ujian kemampuan mengemudi dan perbaikan kendaraan!

Bir baru dijual di dalam botol pada tahun 1850 dan di dalam kaleng pada tahun 1935

Mesin ketik Remington hanya terjual 8 buah pada tahun pertama diciptakannya

Pada sekitar 1000 SM bangsa Mesir kuno telah mulai menggunakan kondom untuk menghindari penyakit. Saat itu kondom dibuat dari bahan linen.

Ketika pelayanan komersial telepon antara New York City dan London pertama kali diperkenalkan pada 1927, ongkos tiga menit pertama percakapannya adalah AS$75

Pabrik payung pertama di Amerika Serikat didirikan di Baltimore, Maryland pada 1928

Hak cipta pertama kali diciptakan pada tahun 1486

Stadion Gajayana di Kota Malang merupakan stadion olahraga tertua di Indonesia?

Stadion ini didirikan pada tahun 1924.

Papan tulis pertama digunakan di sekolah pada tahun 1714

Penjepit kertas ditemukan pertama kali oleh Johann Vaaler. Ia sudah menggambarnya sejak awal 1899.

Agen-agen FBI baru diizinkan membawa senjata api pada 1934, 26 tahun setelah lembaga itu dibentuk

Diners Club adalah perusahaan kartu kredit yang pertama di dunia. Frank X. McNamara memulai perusahaan itu pada 1950 dengan 200 orang pemegang kartu pertama.

Yo-yo diperkenalkan pada 1929 oleh Donald F. Duncan. Mainan ini dibuat berdasarkan senjata yang digunakan oleh para pemburu Filipina pada abad ke-16.

Pembuka makanan kaleng diciptakan 48 tahun setelah makanan kaleng diperkenalkan

Joel Houghton pada tahun 1850 mematenkan sebuah mesin kayu yang memiliki roda yang diputar dengan tangan yang memercikkan air ke piring-piring. Itulah mesin cuci piring yang pertama, yang nyaris bisa disebut sebagai "mesin"!

Kertas tisu WC konon ditemukan di Tiongkok pada 875. Sementara kertas tisu WC modern diciptakan pada 1857 oleh Joseph Gayetty dari New York, Amerika Serikat.

Bangsa Arap adalah yang pertama memproduksi es krim secara komersial pada abad ke-10

dua orang bersaudara dari Hongaria, George dan Laszlo Biro, menciptakan bolpen pada 1938

permen karet dipatenkan pada 1869 oleh William Semple

Mary Anderson menciptakan penyapu kaca mobil di Amerika Serikat, dan mematenkan gagasannya pada 1905? Gagasan ini mula-mula ditentang, namun pada 1916 menjadi perlengkapan standar semua mobil Amerika.

Whitcomb L. Judson adalah penemu ritsleting yang kemudian disempurnakan oleh Gideon Sundback, seorang insinyur kelahiran Swedia, pada 1913

Mesin fax yang pertama dipatenkan pada tahun 1843 oleh Alexander Bain, tapi mesin faxnya sendiri baru dipergunakan pada tahun 1964

D pertama kali dikenakan oleh orang Kroasia. Para tentara bayaran Kroasia mengenakan dasi ini di Perancis dan menimbulkan rasa ingin tahu warga Paris. Karena itulah ia dalam bahasa Perancis disebut cravate yang merupakan kesalahan pelafalan dari "Croat" — Bahasa Kroasia "Hrvat".

Sebelum ada pembalut wanita, gadis-gadis dan para wanita paling memakai gombalan sisa kain yang dilipat-lipat. Jika ada wanita pemalas, gombalannya hanya diselipin di bawah bawuk. Wanita yang sedikit rajin, ujung-ujung gombal dikasih peniti lalu ditempel di celana dalam. Lama-lama ada pengganti gombal barang yang disebut duk. Cewek-cewek memberi duk ini dengan nama Kempitan, soalnya duk-nya itu hanya dikempit saja. Bahan duk berasal dari bahan handuk kecil dibalur kain kassa. Tetapi tentu saja tetap bocor. Maklum nggak dilumuri lem anti bocor!

suratkabar The Boston Nation yang terbit di Ohio, Amerika Serikat, pada pertengahan abad ke-19, panjang halamannya 2,3 meter dan lebarnya 1,7 meter. Dua orang dibutuhkan untuk memegang koran itu agar dapat dibaca dengan baik.

Penerbangan terjadwal yang terpendek adalah penerbangan antara pulau Westray ke pulau Papa Westray di Skotlandia. Lama penerbangan itu hanyalah 2 menit.

Jeanne-Genevieve Garnerin adalah penerjun parasut wanita pertama? Ia terjun dari balon udara panas pada tahun 1799.

Perangko Natal pertama diterbitkan di Kanada pada hari Natal 1898. Perangko ini ternyata sangat populer dan sejak itu banyak negara di seluruh dunia yang menirunya.
Sir Henry Cole adalah orang yang mencetuskan pembuatan kartu Natal. Kartu yang pertama dilukis oleh John Calcott Horsley, namun masyarakat mengecamnya karena di situ dilukiskan anak-anak maupun orang dewasa sedang minum anggur.

Stasiun Nagreg di Jawa Barat merupakan stasiun kereta api tertinggi di Indonesia yang masih beroperasi? Tinggi stasiun ini adalah 848 meter di atas permukaan laut

Pesawat kepresidenan Amerika Serikat, Air Force One, mampu terbang sejauh sepertiga keliling Bumi, nonstop, tanpa sekalipun mengisi ulang Avtur
Bar terpanjang di dunia terdapat di New Bulldog di Rock Island, Illinois? Panjang bar ini adalah sekitar 208,5 meter

Perusahaan yang paling banyak pegawainya di dunia adalah Jawatan Kereta Api India? Seluruh pegawainya berjumlah lebih dari satu juta orang

Rata-rata 42.000 bola tenis digunakan dan 650 pertandingan dimainkan pada turnamen tenis tahunan di Wimbledon

Permainan sepak bola tercatat dilakukan pertama kali dalam sejarah pada hari Selasa menjelang Rabu Abu di Derby, Inggris, sebagai bagian dari perayaan atas kemenangan tentara-tentara Inggris atas pasukan-pasukan Romawi (217 M)

Nottingham Forest Football Club memperkenalkan penggunaan peluit oleh wasit pada tahun 1878

Si raja sepak bola Pele dari Brasil mencetak 126 gol dalam musim pertandingan terbaiknya, sementara prestasinya yang terburuk adalah mencetak hanya 46 gol dalam satu musim

Morihei Ueshiba pendiri Aikido, pernah menaklukkan seorang pesumo dengan menekan si pesumo tak berdaya di lantai hanya menggunakan 1 jarinya jam tangan

Pele menandatangani kontrak sebagai pemain profesional dengan klub Santos pada usia 15 tahun, dan 10 bulan kemudian dipanggil untuk bergabung dengan tim nasional Brasil? Ia ikut bertanding dalam empat Piala Dunia dan mencetak lebih dari 1000 gol selama kariernya hingga ia pensiun pada 1977.

Permainan tenis meja diciptakan pada 1880-an oleh James Gibb, seorang insinyur Britania. Mulanya pemain menggunakan gabus sampanye sebagai bolanya dan tutup kotak cerutu sebagai pemukulnya." olah raga tenis meja mula-mula dinamai "Gossima".

Ketika dipasarkan pertama kali, gabus sampanye yang digunakan sebagai bola diganti dengan bola seluloid. Setelah pabriknya menamainya ping pong pada 1901, permainan itu pun menjadi populer.

Semangat anti-royalis menyebabkan para kolonis di Amerika berusaha mengganti nama-nama buah catur menjadi Gubernur, Jenderal, Kolonel, Mayor, Kapten, dan Pionir

Kaos bernomor pertama kali dikenakan pada pertandingan FA Final (kejuaraan nasional sepak bola Inggris) antara kesebelasan Everton dan Manchester City pada 1933

Denis Smith dari Stoke City F.C., Inggris, adalah pemain yang paling banyak mengalami cedera? Smith pernah mengalami lima kali patah kaki, hidungnya patah empat kali, pergelangan kakinya retak, tulang belikatnya patah, tulang belakangnya terkikis, sebagian besar jari tangan dan kakinya pernah patah, dan ia pernah mengalami lebih dari 100 jahitan dalam beberapa kesempatan.

Lothar Matthäus bermain dalam lima Kejuaraan Dunia berturut-turut dan 150 kali mewakili tim nasional Jerman. Pertama kali ia bermain pada 1982 dalam usia 19 tahun, dan ia menggantungkan sepatunya setelah bermain pada 1998 dalam usia 35 tahun.

Sebuah pertandingan sepak bola internasional antara Chili dan Uruguay pada tahun 1975 dibatalkan setelah 19 pemain dikeluarkan dari lapangan

Kirk Holland adalah pecatur aktif tertua di Amerika Serikat? Ia masih bermain dalam turnamen-turnamen penting pada usia 94 tahun

Sekitar 30 persen pemain NBA mempunyai tato, sementara hanya 4 persen warga biasa Amerika Serikat yang mempunyainya di tubuh mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar